Film Help is on the Way Soroti Perempuan Pekerja Migran Indonesia

    Cecylia Rura - 13 Juni 2020 16:24 WIB
    Film Help is on the Way Soroti Perempuan Pekerja Migran Indonesia
    Dok. Two Islands Digital
    Jakarta: Sutradara Ismail Fahmi Lubis menaruh perhatian pada kondisi perempuan dalam lingkup kerja, terkhusus melalui kisah pekerja migran Indonesia. Ismail Lubis juga ingin melihat situasi yang terjadi dalam keluarga.

    "Saya telah memilih menceritakan kisah ini untuk menyoroti perjuangan yang dihadapi setiap individu, khususnya perempuan dalam lingkup tenaga kerja dan situasi keluarga Indonesia," kata Ismail dalam keterangan resmi kepada Medcom.id, Sabtu 13 Juni 2020.

    "Dengan melakukan ini, saya dapat mengeksplorasi isu-isu seperti kesetaraan gender. Para wanita pergi bekerja sementara para pria tinggal di rumah, apa yang akan terjadi atas kebalikan peran ini?" lanjutnya.

    Ismail mempertanyakan bagaimana respons laki-laki dan situasi keluarga ketika perempuan bekerja sementara perempuan bekerja di luar rumah. "Ini adalah beberapa pertayaan yang saya harap dapat ditemukan jawabannya," kata Ismail.

    Help is on the Way berkisah tentang Meri, Muji, Sukma, dan Tari ketika direkrut agen lokal. Mereka berasal dari pedesaan, bercita-cita bekerja di luar negeri seperti Taiwan, Hong Kong, dan Singapura. Sebelum berangkat, mereka dibekali ilmu bahasa dan perawatan lansia, serta mempersiapkan sejumlah dokumen yang diperlukan.

    Beberapa perempuan dengan latar belakang berbeda melakukan pelatihan ilmu dari Badan Latihan Tenaga Kerja Luar Negeri di Indramayu, Jawa Barat, lalu ke Jakarta, hingga bekerja di Taiwan. Tak hanya memberikan wawasan, Help is on the Way disebut menawarkan perjalanan emosional pekerja migran.

    Film Help is on the Way melakukan pendekatan dokumenter-observasional. Film berdurasi 90 menit 37 detik ini memuat bahasa Indonesia, Jawa, dan Mandarin produksi Two Islands Digital pada 2019 dengan produser Nick Calpakdjian dan Mark Olsen.

    Help is on the Way turut didukung Badan Ekonomi Kreatif (BEKraf) melalui program Docs by the Sea dan Docs by the Sea Incubator pada 2018. Film ini meraih Piala Citra 2019 sebagai Film Dokumenter Panjang Terbaik.

    Film Help is on the Way didistribusikan melalui GoPlay (Indonesia), PTS Taiwan (Taiwan), dan Al Jazeera (Bahasa Arab, Negara Timur Tengah dan Afrika Utara).

    Help is on the Way tayang di televisi publik Taiwan pada 7 Mei 2020, kemudian di GoPlay sudah dapat disaksikan sejak 11 Mei 2020. Help is on the Way baru dapat disaksikan di Al Jazeera Documentary Channel untuk negara-negara Arab pada 2021.




     

    (ELG)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id