Hanung Pukul Iqbaal agar Mampu Menghayati Peran Minke

    Elang Riki Yanuar - 12 Juli 2019 19:39 WIB
    Hanung Pukul Iqbaal agar Mampu Menghayati Peran Minke
    Jumpa pers perilisan poster film Bumi Manusia (Foto: Medcom/Kumara)
    Jakarta: Hanung Bramantyo ingin para pemain film Bumi Manusia meresapi karakternya masing-masing. Khususnya Iqbaal Ramadhan yang memerankan Minke dan Mawar De Jongh yang mainkan karakter Annelies.

    Hanung menganggap Iqbaal cukup ideal memerankan karakter Minke yang digambarkan dalam novel sebagai anak muda pintar dan berasal dari keluarga berada. Namun, ada satu hal yang Hanung ingin Iqbaal dalami lagi.

    "Satu hal yang tidak dimiliki Iqbal dalam diri Minke adalah perasaan tertindas atas hukum kolonial yang sangat rasis. Karenanya, sebagai sutradara saya harus menumbuhkan rasa itu. Banyak hal dilakukan aktor dan sutradara dalam menumbuhkan rasa sakit itu," kata Hanung Bramantyo dalam keterangan tertulisnya.

    Untuk menimbulkan rasa tertindas itu, Hanung harus mencoba rasa yang mungkin sedikit ekstrim yaitu, memukul sang aktor. Namun, Hanung sebisa mungkin memukul tanpa menimbulkan dampak buruk terhadap sang aktor.

    "Saya sengaja melakukan pemukulan dengan menggunakan telapak tangan ke bagian tubuh yang tak akan menimbulkan risiko berbahaya, seperti bahu. Fungsinya bukan untuk menyakiti, tapi merangsang Iqbaal agar merasakan rasa teraniaya," jelasnya.

    Hal sama sebelumnya diungkapkan Hanung terhadap Mawar De Jongh. Suami Zaskia Adya Mecca itu mendorong Mawar ke lantai hingga sang aktris terjatuh lalu menangis. Hanung menyebut langkahnya itu agar sang pemain tampil maksimal.

    "Yang harus disadari saat melakukan itu adalah, keduanya harus sepakat bahwa kegiatan itu dilakukan demi kebaikan filmnya," ujar Hanung.

    Bumi Manusia adalah film yang diangkat dari novel karya Pramoedya Ananta Toer. Buku ini menjadi buku pertama dari tetralogi karya Pramoedya. Buku ini ditulis oleh Pram di kertas bekas bungkusan semen ketika dia diasingkan di Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik lainnya.

    Film Bumi Manusia dibintangi Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva De Jongh, Sha Ine Febriyanti, Ayu Laksmi, Donny Damara, dan lainnya.

    Film Bumi Manusia tayang di bioskop pada 15 Agustus 2019.



    (ELG)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id