Asmara Abigail Berharap Pemerintah Dukung Film Indonesia

    Cecylia Rura - 20 Februari 2020 16:48 WIB
    Asmara Abigail Berharap Pemerintah Dukung Film Indonesia
    Asmara Abigail dalam pembukaan PIFF ke-8, Selasa, 18 Februari 2020 di Jakarta Pusat. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
    Jakarta: Aktris Asmara Abigail turut bangga ketika film asal Korea Selatan, Parasite memboyong empat penghargaan bergengsi di Academy Awards ke-92. Menurutnya, saat ini sinema Asia sedang berkembang pesat.

    "This is time for Asia to war. Kayaknya dari semesta lagi berpihak kepada kita, perfilman sangat maju," kata Asmara Abigail di Jakarta Pusat.

    Kemenangan Parasite pun bisa menjadi pemantik semangat Indonesia mengadaptasi kesuksesan Korea Selatan. Asalkan, semangat ini turut dukung pemerintah.

    "Kenapa Parasite bisa semaju itu karena di-support juga. Aku berharap pemerintah bisa support karena kalau dilihat kita banyak banget, ada Mas Anggi Noen, Wregas, Joko Anwar, banyak banget di festival," kata Asmara.

    Selain itu, bintang film The Science of Fiction dan Perempuan Tanah Jahanam itu juga menuturkan soal pengaturan sensor di Indonesia. Dia berharap keputusan sensor tidak menghambat visi dan misi sineas.

    "Bisa lebih dipikirkan penggunaan sensor semoga enggak mengganggu visi misi cerita," kata Asmara.

    Penuturan Asmara selaras dengan Ketua Komite Festival Film Indonesia 2018-2020 Lukman Sardi serta pengamat film Wina Armada Sukardi. Mereka pun mengkritisi sikap pemerintah yang menggampangkan film Indonesia.

    Berkaca dari Korea Selatan, kerjasama antara industri film, pihak swasta, dan pemerintah mendapat eksposure lebih bahkan ikut menguntungkan sektor lain seperti bisnis, promosi musik, budaya, dan destinasi wisata.

    Parasite menjadi film Asia pertama yang mencatat sejarah di Oscar 2020 selama 92 tahun terakhir. Parasite memeroleh penghargaan kategori Best Picture, Best Director, Best International Foreign Film, dan Best Original Screenplay.






    (ASA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id