Mahanagari, Kampanye Peduli Bandung Melalui Kaos

    Kesturi Haryunani - 27 April 2014 14:38 WIB
    Mahanagari, Kampanye Peduli Bandung Melalui Kaos
    Toko Mahanagari -- bandung.panduanwisata.com
    medcom.id, Bandung: Mahanagari, salah satu label fesyen asli Bandung yang menyediakan berbagai pernak-pernik handycraft, busana dan oleh-oleh mengangkat budaya Kota Paris van Java. Sebagai salah satu brand Shaf Corporation, Mahanagari nantinya akan ikut menempati Shafira Building yang baru diresmikan di Jalan Sulanjana Nomor 28, Bandung, Jawa Barat.

    "Nantinya jika ada wisatawan yang datang ke Bandung, tidak perlu pusing-pusing lagi. Cukup datang ke Shafira Building, selain bisa belanja baju muslim juga bisa mendapatkan beragam suvenir khas bandung di Mahanagari," kata pendiri Mahanagari, Ben Setiawan, saat peresmian Shafira Building, Sabtu (26/4/2014).

    Melalui Mahanagari, Shafira ingin mengajak masyarakat untuk peduli dan ikut merawat Kota Bandung. Caranya? "Tentu saja dengan menumbuhkan kecintaan warga Bandung terhadap kotanya. Untuk itu, kami mencoba lebih mengenalkan Bandung yang dulu terkenal sebagai kota paling bersih di Asia melalui souvenir, seperti kaos, pin, gantungan kunci dan lain sebagainya," jawab Ben.

    Menurut Ben, kaos bukan hanya sebagai alat fesyen, melainkan juga ensiklopedia sejarah, landmark, aksen, wisata, dan berbagai seluk-beluk tentang Kota Bandung dan warganya. "Kita sebagai orang Bandung tidak punya kecintaan terhadap kota ini. Gimana mau sayang, kalau kita tidak tahu sejarah kota sendiri," ujarnya.

    Melalui cara tersebut, tambah Ben, diharapkan masyarakat lebih mencintai dan merawat kota Bandung. Ben sendiri telah memulai kampanyenya sosial dan budaya kota sejak 2004, saat Mahanagari didirikan. Sejak itu, sudah ada sekitar 60 desain kaus Mahanagari yang unik, menggelitik, dan kadang disertai kritik sosial.

    "Kota ini telah mengalami percampuran budaya sejak awal terbentuk. Jika tidak mulai diperkenalkan sejak sekarang, budaya lama akan hilang, tersubstitusi kultur-kultur baru yang muncul," terang Ben.

    Ben percaya, kaus bisa menjadi sebuah media kampanye budaya. Kuncinya pada keunggulan desain. Berbeda dengan merek lain yang sekadar menjual nama Bandung ataupun ikon kasatmata, Mahanagari senantiasa menyisipkan pesan di setiap desain kaus buatannya.



    (NIN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id