Kemenag Bantah Marketplace Jadi Pengelola Umrah

    Antara - 25 Juli 2019 18:04 WIB
    Kemenag Bantah <i>Marketplace</i> Jadi Pengelola Umrah
    Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. ANT/Sigid Kurniawan.
    Jakarta: Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan Tokopedia dan Traveloka tak akan menjadi penyelenggara umrah. Pengelolaan jemaah tetap dilakukan Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) resmi.

    "Dia menegaskan Traveloka maupun Tokopedia tidak akan menjadi penyelenggara umrah. Ini juga berlaku bagi marketplace lainnya," kata Lukman seperti dilansir Antara di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019.

    Pemerintah dan dua marketplace itu telah bertemu beberapa waktu lalu. Pemerintah ingin mengetahui model, proses, dan ekosistem bisnis digital umrah itu.

    Baca: Traveloka Sambut Kesempatan Terlibat di Bisnis Umrah

    Lukman membantah pertemuan itu menjadikan dua marketplace itu sebagai PPIU. Dalam pertemuan itu, Kemenag ingin menyamakan persepsi terkait inisiatif Kementerian Komunikasi dan Informasi mengembangkan umrah digital.

    "Kemenag menekankan semua pihak terkait untuk mematuhi regulasi, dalam hal ini UU Nomor 8 tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Umrah dan Haji," kata dia.    

    Dia mengatakan pengembangan umrah digital nantinya bersifat pilihan. Masyarakat yang akan mendaftar umrah bisa memilih dua cara. Pertama mendaftar secara langsung kepada PPIU. Kedua, melalui marketplace dengan keberangkatan tetap melalui PPIU.

    "Umrah digital dikembangkan dengan semangat meningkatkan standar manajemen sesuai kebutuhan masyarakat di era digital sehingga PPIU dituntut untuk terus berinovasi memanfaatkan teknologi informasi," kata dia.




    (DRI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id