Tenda Bertingkat Mina untuk Jemaah Haji Indonesia Diuji Tahun Depan

    Antara - 20 Agustus 2019 15:20 WIB
    Tenda Bertingkat Mina untuk Jemaah Haji Indonesia Diuji Tahun Depan
    Ilustrasi: Seorang pekerja tengah menyiapkan tenda yang akan digunakan jemaah haji di Mina, Arab Saudi/Antara/Prasetyo Utomo
    Jeddah: Jemaah haji Indonesia diperkirakan bisa menikmati fasilitas tenda bertingkat di Mina, Arab Saudi pada 2020 mendatang. Tenda bertingkat merupakan inovasi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang sudah diujicobakan kepada jemaah haji dari Uni Emirat Arab, Oman, Yaman, dan Bahrain.

    "Sekarang masih eksperimen, kalau ini ada feedback dan sukses, tahun depan akan digunakan untuk perkemahan tenda Indonesia," kata Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel di Jeddah pada Minggu, 18 Agustus 2019. 

    Makin bertambahnya jumlah jemaah haji sebanding dengan kian padatnya kawasan Mina karena daya tampung yang terbatas. Oleh karena itu, Pemerintah Arab Saudi terus berusaha melahirkan terobosan demi meningkatkan daya tampung Mina sebagai lokasi mabit jemaah haji ketika melempar jumrah.

    "Pemerintah Arab Saudi paham betul ini adalah kesulitan yang harus diselesaikan," kata Agus. 

    Amirul Hajj sekaligus Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin menjadi salah satu pengusul wacana tenda bertingkat di Mina. Hal itu, disampaikan dalam pertemuan dengan Menteri Urusan Haji Arab Saudi dan Gubernur Makkah beberapa waktu lalu. 

    Menurut Lukman, membuat tenda bertingkat merupakan cara paling masuk akal untuk meningkatkan kapasitas daya tampung jemaah di Mina.



    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id