Beberapa Tenda di Mina Bocor

    Antara - 13 Agustus 2019 12:09 WIB
    Beberapa Tenda di Mina Bocor
    ILUSTRASI: Tenda di Arafah dan Mina ditandai label oleh petugas/ANTARA/Hanni Sofia
    Mina: Sejumlah tenda jemaah haji Indonesia di Mina, Arab Saudi kemasukan air akibat hujan deras yang mengguyur kawasan tersebut selama pelaksanaan mabit. Meskipun begitu, tidak ada dampak dan kerugian serius yang dialami jemaah.

    "Karena konstruksi tenda di Mina semi permanen, relatif tidak ada masalah," kata Kepala Satuan Tugas Mina Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Akhmad Djauhari di Mina, Senin, 12 Agustus 2019.

    Akibat hujan dan angin kencang yang menerpa sejak dini hari, proses melempar jumrah jemaah Indonesia terjadi pengunduran waktu.

    "Tapi begitu hujan selesai, jalanan kembali padat. Untuk sekarang ini mulai lancar. Alhamdulillah secara umum hari kedua lontar jumrah cukup baik dibanding hari pertama," kata Akhmad.

    Petugas mendirikan pos di Mina guna melayani jemaah haji yang membutuhkan bantuan akibat kelelahan, terpisah dari rombongan, maupun tidak tahu arah kembali ke tendanya. Sebelumnya tercatat, ada ratusan orang yang membutuhkan layanan bantuan, namun jumlah itu terus berkurang secara signifikan

    "Melihat pergerakan jemaah pada 11 Zulhijah relatif banyak yang melakukan jumrah, sebagian besar mereka memiliki kondisi fisik prima. Mungkin ini yang mempengaruhi jumlah jemaah terpisah dari rombongan jadi lebih sedikit," kata dia. 

    Petugas juga suda mengimbau agar bagi jemaah yang berusia lanjut (lansia) dan berisiko tinggi hendaknya melaksakan lempar jumrah pada 11, 12, dan 13 Zulhijah atau bisa diwakilkan agar tidak menimbulkan kelelahan.

    Posko Kesehatan di Mina saat ini merawat tidak lebih dari 10 anggota jemaah haji yang tengah mengalami kondisi fisik menurun. Ketika memerlukan penanganan lebih lanjut, maka pasien akan langsung dilarikan ke Rumah Sakit Arab Saudi terdekat.

    "Selama periode Mina ada 16 anggota jemaah yang sakit. Melihat data di sistem, jumlahnya tidak terlalu banyak dibandingkan dengan tahun sebelumnya," kata Akhmad.



    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE
    MORE

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id