Keterlambatan Informasi Delay Pesawat Jadi Persoalan Pemulangan Haji

    Antara - 26 Agustus 2019 12:58 WIB
    Keterlambatan Informasi <i>Delay</i> Pesawat Jadi Persoalan Pemulangan Haji
    Ilustrasi: Jemaah calon haji berjalan menuju pesawat di Bandara Udara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo/ANTARA/Didik Suhartono
    Makkah: Penundaan penerbangan atau delay masih menjadi persoalan yang paling banyak dikeluhkan saat pemulangan jemaah kembali ke Tanah Air.

    Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 2019 Subhan Cholid mengatakan, keterlambatan informasi penundaan penerbangan yang diperoleh dari pemondoka  mengakibatkan jemaah harus menunggu berjam-jam di bandara.

    Menurut Subhan, pemberangkatan jemaah dari Makkah ke Jeddah dilakukan sembilan jam sebelum jadwal penerbangan. Bila pemberitahuan penundaan dari maskapai baru diterima saat jemaah sudah siap naik bus ke Bandara di Jeddah, pihaknya tidak dapat membatalkan perjalanan karena dari sistem e-hajj keberangkatan tetap harus dijalankan.

    "Jadi kalau mau pemberitahuan delay itu dilakukan 24 jam sebelum take off," kata Subhan di Makkah pada Sabtu, 24 Agustus 2019.

    Oleh karenanya Subhan meminta, agar informasi penundaan penerbangan dapat diberitahukan setidaknya 24 jam sebelum keberangkatan jemaah menuju Jeddah. Inisiatif ini harus dilakukan maskapai terkait.

    "Kalau 24 jam sebelum take off baru kita bisa bicarakan kepada maktab dan menyesuaikan jadwal yang ada di e-hajj itu," kata dia.



    (SBH)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    HOT ISSUE

    MORE
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id