comscore

Menag Harap Jemaah Indonesia Lebih Nyaman Menjalani Puncak Haji

Sobih AW Adnan - 05 Juli 2022 16:02 WIB
Menag Harap Jemaah Indonesia Lebih Nyaman Menjalani Puncak Haji
Menag Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau persiapan puncak haji di Arafah. Foto: Dok MCH 2022.
Makkah: Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas berharap jemaah haji Indonesia mendapatkan kenyamanan saat menjalani prosesi puncak haji di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Puncak haji akan dimulai pada Kamis, 7 Juli 2022 atau 8 Zulhijah 1443 Hijriah.

"Saya berharap jemaah nyaman. Saya memaklumi persiapan sangat pendek, cuma dua bulan," kata Yaqut saat meninjau persiapan puncak haji di Arafah, Selasa, 5 Juli 2022.
Ia mengakui ada beberapa hal yang masih terus diperbaiki. Namun, kata dia, pelayanan haji secara keseluruhan jauh lebih baik.

"Pasti ada catatan-catatan. Tapi sekali lagi, yang penting jemaah aman, nyaman, dan khusyuk dalam menjalankan ibadah," ujar dia.

Yaqut mengecek kualitas layanan dan fasilitas yang diberikan Syarikat atau Muassasah. Ia melihat tenda-tenda sudah dilengkapi kasur, sehingga diharapkan jemaah bisa istirahat dan mendapat posisi lebih nyaman dibanding sebelumnya.

"Kasur yang ditata rapi diharapkan bisa menjadi tempat jemaah untuk beristirahat, sekaligus juga beribadah dan berzikir selama di Arafah. Semoga ini menambah khidmat dan kekhusyukan mereka dalam beribadah," harap Menag.
 

Baca: Ma'ruf Amin Bertolak ke Arab Saudi untuk Laksanakan Ibadah Haji


Menag berharap penyejuk ruangan (AC) yang dipasang di setiap tenda bisa lebih dingin. Sebab, suhu yang lebih dingin di tenda akan memberi kenyamanan jemaah dalam beribadah.

"Di sisa waktu yang ada, ini akan terus disiapkan," ucap dia.

Yaqut melihat toilet juga sudah disiapkan lebih banyak, termasuk sejumlah toilet portabel. Menurut dia, ini penting agar jemaah tidak lama mengantri, baik saat akan mandi, bersuci, maupun buang hajat.

"Saya berharap, toilet portabel juga bisa ditambah untuk jemaah perempuan. Sebab, jumlah jemaahnya lebih banyak dan butuh waktu lebih lama di toilet," ungkapnya.

Jemaah akan mendapat layanan katering sebanyak lima kali di Arafah. Layanan katering juga diberikan 10 kali saat di Mina, dan satu paket snack di Muzdalifah. Katering akan disiapkan dengan menu Nusantara agar jemaah bisa menikmatinya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING

HOT ISSUE

  • Array
MORE
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id