YOUR FASHION

Mau Surprise Pasangan dengan Cincin, tapi Enggak Tahu Ukurannya? Baca Ini Dulu

Mia Vale
Senin 06 Juni 2022 / 08:05
Jakarta: Bayangan kamu ingin membuat surprise dengan memberikan cincin bagi kekasih atau siapa pun yang kamu sayangi. Mirip seperti di film-film romantis yang memberikan cincin tiba-tiba cincin tepat masuk ke dalam jari si kesayangan kamu.

Tapi kalau tiba-tiba enggak muat, momen itu sudah pasti dijamin ambyar! Bukannya romantis malah bisa jadi kejadian tersebut seperti dagelan. Atau bisa jadi malah timbul kekesalan dan malu.

Ya, memilih cincin untuk diberikan kepada seseorang tentu tidak bisa sembarangan, melainkan harus sesuai dengan ukuran jati si penerima.

Layaknya ukuran baju, sepatu, atau benda lainnya yang memiliki ukuran, cincin pun memilikinya. Nah, ukuran cincin pria dan wanita di Indonesia mempunyai standar tersendiri lho Teman Gaya!

Seperti yang sudah dilansir dari laman Real Simple, ukuran rata-rata cincin wanita yaitu 12,5 (skala Indonesia) atau 6 (skala Amerika) dengan lebar 2-3 mm. Sedangkan ukuran rata-rata cincin pria, 17 (skala Indonesia) atau 8 (skala Amerika) dengan lebar 4-6 mm. 

Nah, kami berikan tips nih supaya kamu yang akan memberikan cincin pada pasangan jadi tepat dan jauh dari rasa malu karena enggak muat ya!
 

Cara mengukur lingkar jari

 

1. Menggunakan ring sizer


Ini merupakan alat pengukur diameter jari yang hasilnya sangat akurat. Ukuran standar ring sizer untuk wilayah Benua Asia biasanya berkisar antara 1-33. Cara ini tentunya harus dipraktikkan dengan mengukur langsung jari si calon pengguna cincin. Tentu cara ini akan membuat kejutanmu gagal.


cara ukur cincin sendiri
(Ini contoh mengukur cincin pasangan dengan kertas. Foto: Dok. SEA Smeader)
 

2. Mengukur dengan kertas


Caranya cukup mudah. Kamu hanya perlu memotong kertas menjadi bentuk persegi panjang dengan lebar berkisar 1 cm dan panjang berkisar 12 cm. Lalu, lingkarkan pada jari.
 

3. Mengukur dengan benang


Kamu hanya membutuhkan sehelai benang (bisa benang apa pun), gunting, pensil, dan penggaris. Selanjutnya, lingkarkan benang tersebut pada jari untuk menemukan ukuran cincin yang tepat. 

Jika sudah sesuai, tandai pada titik yang sesuai dengan pensil lalu potong menggunakan gunting. Selanjutnya, tinggal ukur dengan penggaris dan kamu pun sudah bisa mendapatkan ukuran cincin yang sesuai. 
 

4. Gunakan cincin yang sudah ada


Ingin cari yang lebih mudah? Gunakan saja cincin pasangan yang sudah ada. Cukup pinjam cincinnya dan sesuaikan ukurannya. Kamu bisa mengetahui ukuran cincin tersebut dengan benang atau menggambarnya di atas kertas. Cara ini berlaku untuk berbagai jenis cincin perhiasan seperti cincin emas, perak, atau cincin titanium. Mudah, bukan?
 

5. Menggunakan foto jari


Cara mengukur cincin yang terakhir ini sangat mudah karena kamu hanya memerlukan foto jari orang terkasihmu. 

Dengan begitu, kamu bisa langsung berkonsultasi dengan staf ahli di toko perhiasan untuk mengetahui ukuran cincin yang tepat. Kalau staf tersebut sudah sangat berpengalaman, pasti bisa mengetahui ukuran cincin hanya dari foto.

(TIN)