YOUR FASHION

Ini Alasan Orang Indonesia Suka Pakai Baju Sarimbit saat Lebaran

Yuni Yuli Yanti
Selasa 11 Mei 2021 / 09:00
Jakarta: Saat lebaran, tentu kamu sudah tidak asing ya melihat beberapa keluarga yang mengenakan busana seragam atau kerap disebut sarimbit. Perlu diketahui, sarimbitan atau sarimbit berasal dari bahasa Jawa, yang berarti pasangan. Sarimbit sering juga disebut dengan nama seragam keluarga, baju pasangan atau baju couple. 

Mulanya adalah seragam yang dipakai dalam acara adat pernikahan. Di mana orangtua kedua mempelai memakai baju dan kain tradisional yang sama motif.

Kuat sekali indikasi sarimbit berasal dari tradisi memakai batik. Dari kain batik ini pula, kepopuleran sarimbit berasal. Produsen batik membuat bahan batik yang sudah terpola untuk kemeja pria dan pasangannya. 

Kini sarimbit juga dikenal dengan istilah "busana couple". Tidak lagi terbatas pada busana motif batik tapi meluas menjadi seragam untuk keluarga, mulai dari kakek-nenek, suami-istri, hingga anak-cucu.




Dengan beragam variasi yang semakin modern, sarimbit sering menjadi pilihan saat akan idul fitri. Selain agar terlihat harmonis, biasanya sarimbitan juga untuk keperluan dokumentasi, supaya terlihat asri dan apik.
 

Nah, sebelum kamu memilih baju sarimbit ada tiga hal yang perlu diperhatikan, antara lain:


1. Bahan yang nyaman 
Bahan baju yang dipakai adalah hal utama terciptanya kenyamanan dalam beraktivitas. Bahan yang cocok untuk busana muslim seperti sarimbit adalah katun yang berkualitas tinggi, karena katun memiliki kelebihan yaitu, bahan nya tidak panas, kuat, dan juga tidak kasar sehingga nyaman di kulit.


2. Motif yang serasi 

Pakailah busana muslim memiliki motif yang variatif, namun sederhana. Pilihan motif yang tepat tentunya akan menunjang penampilan kamu sekeluarga. Biasanya, meskipun warna dan motif sama, toko atau pembuat baju akan memilih untuk membedakannya seperti, warna anak akan memiliki tingkat yang lebih cerah dibanding kedua orang tuanya, jika dalam motif, penempatan motif antara laki-laki dan perempuan juga akan berbeda.


3. Hindari aksesori berlebihan 

Memakai perhiasan sebenarnya adalah sesuatu yang tidak dilarang, akan tetapi dalam penggunaannya juga tidak boleh berlebihan ya. Biasanya baju sarimbit sudah penuh dengan motif, agar outfit tidak terkesan ramai maka hindari penggunaan aksesori terlalu banyak.



(yyy)