YOUR FASHION

Ceroboh Sebut Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Digempur Netizen

Rendy Renuki H
Selasa 16 November 2021 / 11:21
Jakarta: Akun Instagram Adidas Singapura mendadak heboh. Musababnya, jenama asal Jerman itu mengklaim jika wayang kulit merupakan warisan budaya dari Malaysia.

Kabar itu viral setelah akun Instagram @adidassg mengumumkan peluncuran sepatu baru tersebut. Adidas memang merilis sepatu UltraBOOST DNA edisi City Pack Series.

Mereka melakukan kolaborasi dengan sejumlah seniman, khususnya di ASEAN. Namun, salah satu yang mencuri perhatian adalah peluncuran sepatu mereka yang berkolaborasi dengan seniman Malaysia, Jaemy Choong.

Sepatu itu dirilis Adidas Singapura dengan elemen wayang kulit pada desainnya. Perilisan itu sontak langsung heboh setelah narasi yang menyatakan wayang kulit berasal dari Malaysia.

"Merayakan warisan budaya Malaysia lewat sentuhan @JAEMYC di sepatu baru kami #UltraBOOST DNA City Pack!," tulis komentar @adidassg, Senin 15 November 2021.

"Desain ini untuk menghormati daerah asal wayang kulit, bagian signifikan dari identitas dan warisan budaya Malaysia, memadukan elemen wayang kulit dengan warna modern," lanjut komentar akun tersebut.

Sontak, unggahan itu langsung heboh dan banyak mendapatkan kritikan netizen Indonesia. Salah satunya dari pemerhati sepatu dengan akun @isser.whitey.james.

Dia bahkan sempat membagikan komentar akun Adidas Singapura sebelum dikoreksi atas keteledorannya. Isser yang tampak di akun Instagramnya seorang pegiat sneakers pun mengkrikit tajam narasi yang dibuat Adidas Singapura.

"Gimana caranya perusahaan skala gede dan represntative kayak @adidassg bikin sebuah kolaborasi. Dan bisa-bisanya mereka ngajak artist yang kredibilitasnya gak jelas sampe istilah kasarnya perlu maling dan ngeclaim budaya asli Indonesia "wayang Kulit" biar bisa eksis," tulis @isser.whitey.james di unggahannya.

Sadar disoroti banyak pihak, Adidas Singapura lantas mengganti komentar dalam unggahannya tersebut. Mereka menuliskan ulang jika wayang kulit merupakan warisan budaya Indonesia.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain dari Asia Tenggara. #UltraBOOST DNA City Pack didesain untuk menghormati daerah asal dengan memadukan elemen Wayang Kulit dan warna modern," tulis komentar Adidas Singapura yang telah diubah.
(REN)