YOUR FASHION

Peduli Lingkungan, ESMOD Jakarta Kembangkan Fashion Sustainability

Yuni Yuli Yanti
Senin 08 Maret 2021 / 07:57
Jakarta: Kerusakan lingkungan menjadi isu panas yang menarik perhatian para pegiat fashion untuk mulai mengembangkan fashion dengan konsep berkelanjutan (sustainable). Termasuk, sekolah mode ESMOD Jakarta yang dalam dua tahun terakhir giat melakukan beberapa kampanye untuk memberi edukasi tentang pentingnya fashion sustainable. 

Melalui pengaplikasian “Zero Waste Pattern” dalam beberapa kegiatan, seperti kelas belajar mengajar regular, workshop hingga roadshow, ESMOD Jakarta mengajak lebih banyak orang untuk menggunakan bahan secara maksimal dan menghasilkan limbah seminimal mungkin. 

Tak hanya berusaha mengurangi limbah melalui kampanye “Zero Waste Pattern”, lewat  kompetisi FAV (Fashion Art Vibes) yang diadakan pada tahun 2020 lalu, ESMOD Jakarta juga mengusung tema “Deco Reco” yaitu sebuah konsep merekonstruksi pakaian lama menjadi  bentuk baru.


(Busana sustainable karya Farah Safitri. Foto. Dok: Esmod Jakarta)


Kompetisi ini pun berhasil menarik animo anak-anak muda yang bahkan belum berkecimpung secara khusus di dunia fashion untuk menciptakan sebuah karya yang unik dan kreatif. 

Chike Herningtias, selaku Event and PR Manager ESMOD Jakarta, mengatakan ESMOD Jakarta selalu berusaha memberikan dampak positif bagi kemajuan dunia fashion karena sudah lebih dari 25 tahun berkiprah dalam industri fashion di Indonesia.

"Selain melalui kampanye “Zero Waste Pattern” dan “Deco Reco”, ESMOD Jakarta secara aktif melakukan beberapa kerja sama dengan produsen fiber berbahan dasar ramah  lingkungan untuk dijadikan sebuah project. Intinya ESMOD Jakarta ingin mengedukasi para siswa dan orang-orang di luar sana untuk mempertanggungjawabkan daur sebuah produk terhadap berbagai aspek: lingkungan ataupun sosial ekonomi, ” ungkapnya. 


(Busana sustainable karya Karina Paramitha. Foto. Dok: Esmod Jakarta)

Sejalan dengan kampanye Sustainable Fashion, bertepatan juga dengan kondisi pandemi covid-19, pada akhir tahun 2020 lalu, ESMOD Jakarta menyelenggarakan fashion show bertajuk “Fashion Feast” yang menyajikan 64 look dari 64 designer.   

“Fashion Feast” ditampilkan secara digital dengan menggunakan teknologi visual 3D stage yang menjadi cara baru untuk menikmati sebuah pagelaran fashion. Ini juga menjadi tanda  kesiapan ESMOD Jakarta terhadap perkembangan dunia digital di tahun mendatang.
(yyy)