YOUR FASHION

Tips Memakai Aksesoris bagi Pengguna Hijab

Raka Lestari
Sabtu 17 Oktober 2020 / 11:07
Jakarta: Untuk kamu yang menggunakan hijab, mungkin pernah merasa kebingungan ketika harus menggunakan aksesoris untuk hijab. Beberapa orang juga menganggap dengan memakai hijab, akan ada keterbatasan-keterbatasan dalam memilih aksesoris yang disukai.

“Kalau menurut saya, aksesoris itu sebuah keharusan karena baju tanpa aksesoris itu seperti sayur tanpa garam. Misalnya, baju loose dress yang dipakai begitu saja dibandingkan dengan baju yang sama tetapi diberikan aksesoris seperti jaket, topi, atau sepatu boots kan hasilnya akan sangat berbeda,” ujar Okky Asokawati.

Untuk itu, menurut Okky penggunaan aksesoris sangat penting bagi mereka yang berhijab. “Hijabers bisa menggunakan aksesoris apa saja, anting-anting pun bisa karena sekarang banyak juga orang yang memakai kerudung tapi bisa memakai anting yang bagus,” ujar Okky.

“Selain itu bisa juga memilih topi, kalung, gelang, bahkan jepit rambut bisa karena jepit rambut itu bisa dipakai untuk menjepit hijab. Aksesoris apa saja bisa tidak ada batasan bahwa kita pengguna hijab hanya boleh pakai kalung atau bros, tidak. Semua bisa dipakai,” ujar Okky.

Bahkan menurut Okky, karena baju modest biasanya cenderung lebih longgar atau loose kalau tidak ditambah dengan aksesoris maka penampilannya akan menjadi biasa saja. “Padahal kalau ingin tetap stylish sekalipun memakai hijab, itu bisa didapat dari detil aksesoris yang digunakan. Misalnya kemeja yang diikat ujungnya atau sepatu yang berwarna itu bisa,” kata Okky.

“Aksesoris adalah sebuah keharusan karena itulah yang akan membuat hijaber menjadi lebih stylish. Saran saya sih, hindari aksesoris yang terbuat dari bahan kayu misalnya gelang dari kayu atau kalung dari kayu,” saran Okky.

Ia menambahkan, “Kalau masih muda atau berusia belasan tahun tidak apa-apa pakai aksesoris berbahan dasar kayu, tetapi kalau sudah kantoran, profesional, untuk bertemu mitra bisnis atau klien sebaiknya yang pilih aksesoris yang dari kayu atau plastik,” ujar Okky.

“Sebaliknya, bisa pilih aksesoris yang berbahan mutiara atau gelang-gelang yang disepuh itu akan terlihat lebih elegan. Kalau masih muda, pakai aksesoris dari kayu, plastik, atau yang luc-lucu itu tidak apa-apa. Terlihat lebih segar malahan,” tutup Okky.
(YDH)