YOUR FASHION

Sepatu Bau? Usir dengan Baking Soda!

Mia Vale
Minggu 26 September 2021 / 11:00
Jakarta: Penampilan sudah keren, wangi, bersih, tapi sepatunya bau. Ih, enggak banget, deh! Hal ini tentu mengganggu, baik untuk diri sendiri maupun orang lain di sekitar. 

Terus bagaimana, dong? Jangan bingung, kamu bisa menggunakan bahan yang cukup murah untuk menghilangkan bau sepatu. Khususnya untuk sepatu berbahan kain. Masa, sih?
 

Mudah dan murah


Soda kue memberi efek menetralkan pH asam dari banyak zat di sekitarnya, termasuk udara lembap di sepatu tempat bakteri berkembang biak. Baking soda memiliki beberapa manfaat sebagai zat penghilang bau: 

- Menggunakan soda kue untuk menghilangkan bau sepatu mengurangi reaksi kulit sensitif yang mungkin terjadi dengan produk lain

- Soda kue menghilangkan bau tanpa menambahkan wewangian lain yang melekat dan bercampur dengan sepatu

- Soda kue juga bertindak sebagai fungisida dan memiliki sifat antibakteri ringan.
 

Peralatan/alat:


Potongan kain kecil (atau kaus kaki) 
 

Bahan: 


- Soda kue 
- Minyak esensial (seperti lavender) 
- Tas zip-top besar 


sepatu bau
(Masukkan soda kue di dalam sepatu sampai baunya hilang. Hati-hati pada sepatu dengan bahan suede ya! Foto: Dok. The Spurce)
 

Cara menggunakan:


1. Taburkan baking soda di sepatu lalu goyangkan sepatu untuk menyebarkan 'bedak' soda kue yang ada di dalamnya

2. Biarkan sepatu setidaknya 24 jam agar soda kue menyerap bau di dalam sepatu

3. Buang soda kue yang ada di dalam sepatu, lalu bersihkan sisa-sisanya. Sepatu siap dipakai kembali
 

Cara mencegah bau sepatu 


Untuk mempermudah menghilangkan bau di sepatu, coba isi ujung kaus kaki dengan soda kue dan ikat. Biarkan sachet kaus kaki di sepatu semalaman untuk menyerap bau. 

Ini bisa menjadi bagian dari rutinitas berkelanjutan agar setiap sepatu yang kamu kenakan secara teratur.

Mencegah lebih baik daripada 'mengobati' kan. Nah, sebelum sepatu mengeluarkan bau yang tidak sedap, ikuti tips berikut ya:

1. Jemur sepatu secara teratur agar ada udara masuk ke sepatu. Buka tali dan letakkan sepatu di tempat terbuka yang bisa terkena sinar matahari langsung. Matahari adalah disinfektan alami

2. Sol, sisipan ortopedi, atau bagian sepatu basah lainnya mendorong pertumbuhan bakteri (dan bau). Lepaskan semua bagian sepatu yang basah (jika kamu bisa) dan keringkan sepatu di tempat yang hangat atau pengering pakaian

3. Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari. Sepasang sepatu yang berganti-ganti memberi waktu bagi bagian dalam sepatu untuk mendapat udara dan benar-benar kering

4. Kenakan kaus kaki saat memakai sepatu. Kaus kaki akan menyerap kelembapan keringat yang menimbulkan bau tak sedap pada sepatu.

Saat mencoba metode ini, berhati-hatilah untuk sepatu berbahan kulit dan suede. Karena  penumpukan soda kue dapat menyebabkan bahan ini menjadi rapuh. Selamat mencoba ya!
(TIN)