YOUR FASHION

Bumil Suka Pakai Rok? Ini 5 Tips agar Perut Tetap Nyaman

Yuni Yuli Yanti
Selasa 07 Juni 2022 / 09:00
Jakarta: Seiring masa kehamilan, Bumil akan mengalami perubahan fisik yang sangat cepat, mulai dari ukuran perut, payudara, hingga kaki yang membesar. Oleh karena itu, Bumil dianjurkan untuk mengenakan busana yang tidak terlalu ketat agar sirkulasi darah tetap lancar. 

Pasalnya, sirkulasi darah yang tidak lancar akan membuat Bumil jadi cepat merasa pegal, kram, bahkan sulit bernapas. Efek tersebut tentu tidak baik bagi kesehatanmu dan janin di perut ya. Maka, usahakan untuk menggunakan busana berbahan lembut, melar, dan nyaman dipakai.

Sebagai solusi, rok adalah salah satu jenis pakaian yang paling praktis dipakai oleh ibu hamil. Terutama jika kamu memiliki pinggang yang elastis, karena lebih nyaman dan pas di perut. 

Berikut adalah tips mengenakan rok selama kehamilan agar Bumil merasa nyaman tapi juga tetap terlihat chic dan stylish:
 

Perhatikan bahan 

Pilihlah rok dengan bahan berkualitas yang nyaman dipakai. Perhatikan ukuran di bagian perut. Jika kamu berencana menggunakan rok hamil sampai menjelang persalinan, pastikan memilih rok yang melar atau longgar dengan bahan jatuh. Karena bahan tersebut bisa menyesuaikan dengan ukuran perut yang membesar. Bahan kain seperti sifon dan sutra akan terasa longgar jika dipakai oleh Bumil. 
 

Pilih warna yang pas

Permainan warna pada busana yang dipakai akan mempengaruhi visual tubuh. Kenakanlah warna yang pas untuk menyamarkan tubuh yang semakin melebar. Jangan takut untuk bereksplorasi dengan warna. Kamu bisa mengenakan rok dengan warna netral seperti navy, abu-abu, hitam, krem, dan lain sebagainya. Padukan dengan atasan berwarna cerah untuk kesan yang lebih segar. 


(Rok sutra dapat membuatmu merasa nyaman sekaligus stylish karena bahannya yang jatuh sehingga tidak menekan perut. Foto: Dok. Istimewa)
 

Rok dengan pinggang elastis 

Kamu tidak perlu membeli baju hamil atau rok baru, selama kamu masih memiliki rok dengan karet pinggang yang elastis. Untuk mengenakan rok yang elastis itu kamu dapat menariknya ke bawah perut agar kamu merasa nyaman saat memakainya
 

Perhatikan panjang rok

Saat hamil dan mengenakan rok, pasti rok akan terangkat sedikit di bagian depan karena perut yang menonjol. Pastikan kamu membeli rok yang sedikit lebih panjang dari ukuran sebelumnya. Hal ini untuk menghindari rok menjadi terlalu pendek saat usia kehamilan bertambah.

Namun, hindari rok dengan ukuran terlalu panjang sampai menyentuh lantai. Rok yang kepanjangan akan menghambat langkah, bahkan bisa membuatmu terjatuh.


(Rok plisket menjadi salah satu rok yang tren saat ini. Bumil juga tetap bisa nyaman pakai rok plisket asal pastikan pinggangnya elastis ya. Foto: Dok. Istimewa)
 

Rok ruffle

Beberapa waktu belakangan ini rok ruffle panjang sedang menjadi favorit banyak perempuan. Modelnya yang unik memberikan kesan menarik pada tampilan. Nah, kamu juga bisa menjadikan gaun ini sebagai salah satu pilihan yang nyaman. Sebab model bawahnya yang longgar bisa membuatmu lebih mudah bergerak. Tapi sebagai catatan, perhatikan area karet di perut ya. Jangan sampai membuat perut tidak nyaman.
(yyy)