YOUR FASHION

7 Aroma Parfum dan Hubungannya dengan Karakter Seseorang

Raka Lestari
Jumat 04 Juni 2021 / 13:58
Jakarta: Parfum sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Parfum yang dipilih juga bisa mewakili karakter seseorang. Untuk memilih parfum yang tepat, perlu mengenali karakter diri dan juga dapat disesuaikan dengan suasana atau situasi yang sedang dialami.

“Pemilihan jenis aroma sangat dipengaruhi karakter dan mood seseorang. Aroma dibedakan menjadi 7 jenis dan masing-masing menggambarkan karakter tertentu," ujar Apt, Agus Sucipto S.Si., Research and Development  Evangeline, sebuah produsen parfum lokal, dalam acara Media Briefing: Kenali Parfum Sesuai Karaktermu.

Menurut Agus, ada 7 jenis aroma parfum yang bisa menggambarkan karakter seseorang. Di antaranya sebagai berikut:
 

1. Floral


Merupakan jenis aroma paling populer dan disukai di dunia. Aroma ini terinspirasi dari jenis wewangian bunga, aroma ini menggambarkan sosok yang feminim dan romantis.
 

2. Fruity


Sesuai dengan namanya, buah-buahan merupakan core dari jenis aroma ini, tetapi saat ini aroma druity terpisah dari jenis aroma citrusy. Penggemar aroma ini menggambarkan karakter yang optimis dan periang.
 

3. Woody


Aroma kayu menjadi unsur utama dari jenis wewangian ini seperti Cedarwood, Cendana, Sandalwood, Violet, dan lainnya. Karakter keharuman ini menggambarkan seseorang yang simpatik.
 

4. Green


Unsur utama dari jenis wewangian ini adalah aroma dari dedaunan dan pepohonan, seperti patchouli, oakmoss, dan abdanum. Aroma ini menggambarkan karakter seseorang yang tenang.
 

5. Gourmand


Jenis aroma ini terinspirasi dari aroma-aroma makanan, seperti aroma cokelat, vanilla, kopi, bahkan cookies.
 

6. Musk


Aroma musk adalah aroma yang menggambarkan sensualitas. Aroma ini merupakan jenis aroma yang cukup kompleks.
 

7. Citrusy


Aroma ini terpisah dari aroma Fruity. Terdiri dari bergamot, jeruk, grapefruit, dan lemon, aroma ini menggambarkan seseorang yang dinamis dan aktif.

Agus juga menambahkan, bahwa pemilihan aroma termasuk kedalam proses pembuatan parfum. Membuat parfum tidaklah mudah dan sangat rumit.

"Pertama kita perlu menentukan konsep seperti pemilihan nama series dan penentuan wangi. Kedua, kita menentukan bentuk sediaan. Ketiga, kita harus menentukan jenis parfum nya," tutup Agus.
(FIR)