YOUR FASHION

Tips Memilih Kacamata Hitam Sesuai Bentuk Wajah

Yuni Yuli Yanti
Senin 16 November 2020 / 15:00
Jakarta: Salah satu aksesori yang wajib dimiliki kaum pria adalah kacamata hitam (sunglasses). Selain untuk melindungi mata dari paparan sinar matahari. Kini, kacamata hitam juga berfungsi menunjang penampilan seseorang lho! 

Hanya saja terkadang kacamata hitam tersedia dalam banyak model sehingga seringkali membuat bingung. Nah, salah satu cara memilih kacamata hitam yang paling gampang adalah mencocokkannya dengan bentuk wajah.

Melansir Dmarge, berikut tips memilih sunglasses yang sesuai dengan bentuk wajahmu:

1. Bulat

Tipikal wajah bulat memiliki lebar yang hampir sama dan tidak memiliki garis rahang. Sehingga, kamu hanya perlu kacamata yang dapat menyamarkan bentuk muka. Carilah frame kacamata yang sedikit lebih lebar dari wajah untuk membuat pipi lebih ramping. Hindari bingkai bundar karena akan membuat wajahmu semakin bulat. 

2. Kotak

Bentuk wajah ini memiliki lebar yang sama dan rahang yang kuat. Bagian sudut dan tulang pipi juga lebar. Kacamata aviator adalah pilihan yang tepat untuk bentuk wajah kotak (persegi). Pria dengan bentuk wajah ini sudah memiliki karakter yang kuat, sehingga memilih kacamata hitam yang juga bersudut akan semakin menampakkan ketajamannya.


(Kacamata aviator adalah pilihan yang tepat untuk bentuk wajah kotak. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

3. Oval

Bentuk wajah oval dianggap sebagai bentuk wajah yang paling sempurna. Hampir semua jenis bingkai kacamata akan cocok pada wajah ini. Yang kamu perlukah hanya perhatikan saja proporsinya. Bingkai apa pun akan terlihat tidak bagus jika terlalu besar atau terlalu kecil untuk setiap bentuk waja ya!

4. Diamond (berlian)

Ciri khas bentuk wajah diamond adalah dagu yang menonjol dan tulang pipi yang lebar. Sehingga, pemilih wajah ini cocok menggunakan sunsglasses bergaya retro. Bingkai dengan sedikit cat-eye, juga akan terlihat bagus pada sudut alami wajah ini.

5. Heart

Pemilik wajah bentuk heart harus menghindari kacamata hitam yang tinggi di wajah dan menonjolkan garis alismu yang lebar. Pilihlah frame yang mengarahkan perhatian pada bagian bawah wajah untuk menyeimbangkan proporsi wajah.

Oleh karena itu, pilihlah kacamata dengan frame bagian bawah yang dihiasi atau melebar. Seperti frame gaya retro atau persegi panjang sehingga menyeimbangkan dagu lancipmu.
(yyy)