YOUR FASHION

10 Jam Tangan Termahal di Dunia

Sandra Odilifia
Senin 30 November 2020 / 14:14
Jakarta: Jam tangan mewah tidak hanya tentang memberi tahu waktu, bagi beberapa orang, ini terlihat seperti perhiasan fungsional dan investasi yang menarik. Jam tangan merupakan cara bagi pria untuk membeli sesuatu yang mewah, memesona dan berkelas.

Mulai dari material dan fungsi jam tangan yang menakjubkan hingga tipe vintage dari pemilik terkenal, membuat harga-harga jam tangan tertentu menjadi sangat fantastis. Melansir Esquire, berikut daftar jam tangan termahal di dunia:


jam
(Girard-Perregaux Quasar Light Tourbillon. Foto: Dok. Esquire)
 

1. Girard-Perregaux Quasar Light Tourbillon


Jam tangan mewah dari Swiss ini merupakan bagian dari edisi terbatas model khas Quasar. Model 'Light' adalah satu dari 18 model di seluruh dunia. Meski terdengar tidak terlalu istimewa, jam tangan Girard-Perregaux berhasil memperoleh harga pounds300.000 atau sekitar Rp5,6 miliar, fantastis bukan?

Rupanya label harga tersebut diperoleh berkat mesin jam tourbillon yang terdiri dari 79 bagian berbeda. Butuh lebih dari 200 jam kerja, ratusan operasi dan teknik diasah selama 200 tahun.


jam
(Chopard L.U.C All-in-One 'Janus Watch'. Foto: Dok. Esquire) 
 

2. Chopard L.U.C All-in-One 'Janus Watch'


Chopard dikenal sebagai salah satu horologis jam tangan hebat. Model L.U.C All-in-One sendiri menggabungkan eksklusivitas dengan mitos terkenal. Hanya ada 10 jam tangan di setiap edisi (rose gold dan platinum).

Terinspirasi oleh dewa Romawi Janus, jam tangan ini memiliki dua tombol dan juga fitur-fitur yang mencakup kalender abadi, bacaan astronomi, dan tourbillon. Harganya mencapai pounds374.000 atau sekitar Rp7 miliar.


jam
(Maitres Du Temps Chapter One Round Transparence. Foto: Dok. Esquire)
 

3. Maitres Du Temps Chapter One Round Transparence


Supremo tick-tock Maîtres du Temps terkenal karena menyatukan beberapa pembuat jam tangan paling luar biasa di dunia. Campuran desain istimewa dan berbagai aliran horologi, 'Chapter One' bersifat klasik dan kompleks. 

Disertai dengan lapisan emas merah 18k dan ukiran edisi terbatas yang benar-benar membuatnya istimewa. Jam dengan 11 model terbatas ini dilabeli dengan harga pounds404.000 atau sekitar Rp7,6 miliar.


jam
(Christophe Claret DualTow Night Eagle. Foto: Dok. Esquire)
 

4. Christophe Claret DualTow Night Eagle


Night Eagle jumlahnya terbatas hanya 68 buah. Waktu diperlihatkan dengan dua sabuk berputar, adapula fitur kronograf dengan sistem roda gigi planet khusus.

Selain itu, jam mewah ini memiliki fitur tourbillons, gong mini dan palu untuk loncengnya, serta 65 permata yang berkilauan dari dalam skema warna gelapnya. Jam ini dilabeli dengan harga pounds445.000 atau sekitar Rp8,39 miliar.


jam
(Kronograf Koaksial George Daniels. Foto: Dok. Esquire)
 

5. Kronograf Koaksial George Daniels - pounds463.000


Ini merupakan jam dengan gaya yang lebih klasik dan minimalis dibandingkan dengan yang lainnya. George Daniels hanya menghasilkan beberapa lusin arloji dalam hidupnya, tetapi kontribusinya yang paling penting bagi industri ini adalah penemuan sistem 'Co-Axial Escapement' (yang kemudian ia jual ke Omega).

The one-of-a-kind 'George Daniel Co-Axial Chronograph' dijual seharga USD619.000 atau Rp.8,6 miliar di lelang pada tahun 2012.


jam
(Jam tangan Bulgari Magsonic Sonnerie Tourbillon. Foto: Dok. Esquire)
 

6. Jam tangan Bulgari Magsonic Sonnerie Tourbillon


Jam ini sangat istimewa karena fungsinya yang ultra-rumit untuk dibayangkan, terutama serangkaian lonceng yang telah ditingkatkan oleh paduan "magsonik". Dengan harga pounds620.000 atau sekitar Rp11,6 miliar, mungkin kamu merasa meletakkan tabungan hidup di sebuah pergelangan tangan.


jam
(Ulysse Nardin Hannibal Minute Repeater Tourbillon. Foto: Dok. Esquire)
 

7. Ulysse Nardin Hannibal Minute Repeater Tourbillon


Tampaknya pembuat jam ini memiliki apresiasi terhadap budaya Romawi karena motifnya merujuk ke Perang Hannibalic. Namun, ukiran bukanlah satu-satunya hal yang membuat jam tangan ini begitu mewah dan mahal. 

Setiap komponen dikerjakan dengan tangan, mulai dari pelat utama hingga penutup atas. Jam tangan ini juga menawarkan 'Westminster Minute Repeater'. Dengan pembuatan yang rumit dan desain yang megah, jam tangan inidilabeli dengan harga pounds571.000 atau sekitar Rp10.7 miliar.


jam
(Audemars Piguet Royal Oak Grande Complication. Foto: Dok. Esquire)
 

8. Audemars Piguet Royal Oak Grande Complication


Model Audemars Piguet yang satu ini memiliki bagian dalam yang rumit dan semuanya dikerjakan dengan tangan. Selain itu, jam tangan ini disertai dengan banyak fitur menarik, termasuk chronograph sepersekian detik, kalender abadi, dan repeater menit. Jam mewah ini dibandrol seharga pounds741.600 atau sekitar Rp13,9 miliar.


jam
(Rolex Paul Newman Ref. 6264 'John Player Special'. Foto: Dok. Esquire)
 

9. Rolex Paul Newman Ref. 6264 'John Player Special'


Dijuluki sesuai warna mobil Lotus Formula 1 yang disponsori John Player Special, Rolex ref. 6264 diduga hanya satu dari 10 yang dibuat dengan emas hitam dan kuning.

Karena masih jarang melihat satu barang seperti itu tersedia untuk dibeli. Jadi, ketika Paul Newman Daytona dilelang di Sotheby's, ini berhasil mencapai tawaran akhir pounds1,145 juta atau sekitar Rp21,6 miliar, menjadikannya jam tangan termahal yang pernah dijual di lelang Inggris.


jam
(Franck Muller Aeternitas Mega 4. Foto: Dok. Esquire)
 

10. Franck Muller Aeternitas Mega 4


Dilabeli sebagai "Master of Complications" dengan 36 komplikasi yang berbeda, 1.483 komponen individu, kalender 1.000 tahun, dan banyak fitur eklektik lainnya, 'Frank Muller Aeternitas' dibandrol seharga £1,8 juta atau sekitar Rp33,9 miliar.

Jam mewah ini juga dilengkapi dengan casing kaca safir dan sepotong tourbillon pada dial. Jadi, mana yang jadi favorit kamu? 
(TIN)