YOUR FASHION

Kamala Harris Kenakan Kalung Mutiara dan Dress Rancangan Desainer Kulit Hitam di Acara Pelantikannya

Raka Lestari
Kamis 21 Januari 2021 / 00:48
Jakarta: Pada hari Rabu, tanggal 20 Januari 2021 waktu setempat Kamala Devi Harris secara resmi menjadi wanita pertama serta orang kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat. Pada acara pelantikannya tersebut, Kamala Harris mengenakan dress rancangan dua desainer kulit hitam.

Penampilan Harris pada saat pelantikan memiliki makna-makna khusus. Saat melakukan pengambilan sumpah, Harris mengenakan desain dari Christopher John Rogers dan Sergio Hudson, bersama dengan kalung mutiara yang menjadi ciri khasnya. 

Rogers adalah desainer kulit hitam yang tinggal di Brooklyn dari Baton Rouge, Louisiana. Sedangkan Hudson adalah seorang desainer kulit hitam dari Carolina Selatan.

Kalung mutiara yang dikenakan oleh Kamala Harris pada acara pelantikannya tersebut bukanlah kalung mutiara biasa. Kalung tersebut merupakan simbol dari kesetiaan Harris terhadap perkumpulan wanita yang selama ini sudah mendukungnya dalam karier politiknya.



(Kamala mengenakan untaian kalung mutiara yang melambangkan kekuatan dan wanita tangguh dalam momen bersejarah pelantikannya sebagai wanita pertama dan kulit hitam pertama yang menjadi Wakil Presiden Amerika Serikat. Foto: Instagram Wilfredo Rosado/@w.rosadojewelry)


Kalung mutiara tersebut merupakan representasi dari perkumpulan mahasiswi di Howard University yang bernama Alpha Kappa Alpha (AKA), yang merupakan perkumpulan mahasiswa Afrika-Amerika dengan nama yang berasal dari bahasa Yunani.

Pendiri AKA sering disebut sebagai "Twenty Pearls". Dan untuk menunjukkan rasa hormat dan persaudaraan, Harris telah mengenakan kalung mutiara di hampir setiap acara penting dalam kehidupannya semenjak ia lulus dari Howard University.

Dan pada hari pelantikannya tersebut, Harris tidak memakai untaian mutiara klasik. Sebaliknya, ia memilih desain kalung yang lebih bergaya dari Wilfredo Rosado, seorang desainer perhiasan yang sama seperti Harris, adalah putra dari orang tua imigran.

Desainer yang berbasis di New York, yang dikenal dengan karya imajinatifnya dalam mengerjakan mutiara, merasa terhormat atas permintaan tersebut. 

Tantangan Rosado dalam membuat kalung mutiara untuk Harris adalah bagaimana agar mutiara, permata yang sangat feminin dan klasik bisa menjadi terlihat kuat dan modern. 

“Kamala melambangkan kekuatan dan wanita tangguh,” jelas Rosado, “Dan mutiara sangat lembut, feminin, dan berharga," tutupnya. 
(TIN)