YOUR FASHION

Total Hadiah 1 Miliar, 31 DPW Antusias Ikuti Lomba Seragam Rakernas NasDem 2022

Yuni Yuli Yanti
Kamis 16 Juni 2022 / 10:00
Jakarta: Partai NasDem membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diadakan selama tiga hari sejak Rabu (15/6/2022) hingga Jumat (17/6/2022). Rangkaian acara diawali dengan Apel Baret dan penyerahan mobil DPW, lalu dilanjutkan dengan Lomba Seragam yang diikuti oleh 31 DPW.  

Ketua DPP Bidang Kesehatan Partai NasDem, Okky Asokawati mengatakan bahwa lomba seragam adalah metode untuk menilai para kader dari masing-masing DPW. Menurutnya, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh berpendapat bahwa perilaku, mental dan kecerdasan emosi seseorang sangat dipengaruhi oleh perilaku fisiknya. Oleh sebab itu, lomba ini bertujuan untuk  sosialisasi sekaligus edukasi kepada para kader untuk memperhatikan penampilan yang rapi. 

"Ketika seseorang mulai memperhatikan penampilannya maka secara mental akan diikuti oleh perilaku-perilaku yang baik. Kemudian, bapak membuat adanya lomba seragam ini," ungkap Okky sebagai salah satu juri dalam perlombaan tersebut. 

Selain itu, dalam rangka untuk melibatkan semua pihak dan karena adanya kerja kelompok serta kekuatan mereka untuk bersatu, adanya lomba ini diharapkan dapat meningkatkan solidaritas di antara kader. 

"Menariknya, setiap DPW menampilkan seragam yang dipadukan dengan kearifan lokal daerahnya masing-masing. Itu juga menyadarkan kita terutama para kader, bahwa visi Bapak Surya Paloh yaitu kita harus menjaga Bhineka Tunggal Ika yaitu politik kebangsaan," jelas Okky. 


(Okky Asokawati. Foto: Dok. Istimewa)


Sementara, terkait kriteria penilaian, Okky mengatakan tiga hal yang jadi poin utama. Pertama, adalah keserasian antara seragam pimpinan DPW dan jajarannya. Lalu, kesesuaian warna yang sudah menjadi identitas dan ciri khas dari seragam Parati NasDem. Terakhir, adalah kreativitasnya jadi selain seragam mungkin ada tambahan aksesori lain yang mendukung penampilannya. 

"Baju adat itu hanya presentasinya aja, namun yang jadi penilaian utama adalah seragamnya. Dari ke-31 peserta saya sangat mengapresiasi DPW yang berasa dari daerah seperti Papua dan sekitarnya. Ciri khas seragam NasDem menggunakan warna midnight blue, warna ini termasuk yang paling sulit didapatkan. Apalagi, untuk di daerah itu, tentu saya salut jika mereka bisa menyesuaikannya," ungkap Okky. 

Lebih lanjut, Okky pun menyebutkan identitas busana seragam kader Nasdem dalam acara formal adalah menggunakan jas berwarna midnight blue, kemeja putih, celana bahan hitam dan sepatu pump hitam. Kalau, untuk perempuan berhijab kami menyarankan untuk memakai warna yang 'clean' atau sama dengan warna jasnya. 


(DPW Gorontalo. Foto: Dok. Istimewa)


Selama lomba berlangsung, ke-31 peserta terlihat begitu antusias. Beberapa di antara mereka datang diiringi dengan tarian, mars NasDem dan peserta yang memakai baju adat khas daerahnya masing-masing. Bahkan, mereka pun meneriakan yel-yel sebagai bentuk dukungan untuk kadernya yang berpose di atas panggung. 

Para kader tampak sangat totalitas dan maksimal menampilkan seragam khas daerahnya. Mereka begitu semangat dan percaya diri mengikuti perlombaan dengan nilai hadiah total Rp1 miliar yang dibagi menjadi tiga kategori yakni juara 1 Rp500 juta, juara 2 Rp300 juta, dan juara 3 senilai Rp200 juta. 

"Lomba seragam ini baru pertama kali diadakan di Rakernas 2022. Rencananya, pemenang akan diumumkan pada hari terakhir Rakernas di tanggal 17 Juni," pungkas Okky. 
(yyy)