YOUR FASHION

Ini Deretan Merek Batik Keren Kekinian

Yuni Yuli Yanti
Jumat 13 November 2020 / 09:45
Jakarta: Siapa bilang pakai batik hanya diperuntukkan bagi orang tua atau bapak-bapak saja? Saat ini, banyak anak muda yang makin percaya diri dan bangga pakai batik lho! 

Salah satunya, aktor sekaligus presenter muda Boy William. Ia mengaku cinta dengan batik. Terbukti dari postingan foto di akun Instagramnya, saat ia berswafoto bersama dengan sang kekasih. Bukan cuma itu, belum lama ini ia juga terlihat mengenakan batik saat wawancara dengan Ketua DPR, Ibu Puan Maharani dalam konten YouTube miliknya 'Dibalik Pintu.'



Nah, untuk Teman Gaya yang sedang mencari referensi batik kekinian dan keren, berikut sederet merek batik lokal yang bisa kamu coba, diantaranya: 

1. Apikmen

Berawal dari seorang pendiri Apikmen yang gemar membeli berbagai kain indah khas Indonesia, khususnya batik. Kemudian, mereka mendesain kain dari batik tersebut, dan memakainya dengan bangga demi kepentingan pribadi. Lalu, banyak teman dan kolase yang memberikan pujian dan bertanya di mana mereka bisa membeli kain batik unik semacam itu. Lalu, mereka pun mengembangkan hobi membatik menjadi bisnis nyata. 



2. Alleira Batik

Tingginya minat wanita muda Indonesia pada batik memotivasi Lisa Mihardja meluncurkan Alleira Batik pada Oktober 2005. Karakteristik Alleira Batik terletak pada permainan warna dan gradasi dengan dengan kontemporer sehingga terlihat unik dan mewah. Sedangkan motif batiknya merupakan perpaduan antara budaya Timur dan Barat. Setiap tahun, Alleira Batik mengeluarkan motif-motif tertentu dari daerah di Indonesia. Motif-motif tersebut lalu diolah oleh para desainer untuk menghasilkan koleksi pakaian yang sesuai dengan tren masa kini.



3. Parang Kencana 

Sejak awal berdirinya tahun 1992, Parang Kencana tetap berkomitmen untuk menghadirkan koleksi batik dengan olahan tangan menggunakan malam panas. Meski tren fashion terus berubah, Parang Kencana yang didirikan oleh Mariana Sutandi ini tidak pernah meninggalkan motif tradisional batik. 


(yyy)