YOUR FASHION

10 Trik Memakai Sepatu Hak Tanpa Rasa Sakit

Yuni Yuli Yanti
Senin 22 Februari 2021 / 13:41
Jakarta: Kita semua mengakui bahwa memakai sepatu hak sangat menyakitkan. Lantas, bagaimana cara memakai sepatu hak dengan nyaman? Ya, kenyamanan mungkin terlalu berlebihan, tetapi trik sepatu hak tinggi di bawah ini dapat membantu kamu mengenakan sepatu hak tinggi tanpa rasa sakit, atau dengan sedikit rasa sakit.
 

1. Apakah kamu memakai ukuran yang tepat?

Hal pertama dan terpenting yang harus diperhatikan adalah ukuran sepatu yang kamu pakai. Jika tumit kamu terlalu kecil, pasti akan terasa sakit! Untuk itu, pilihlah ukuran sepatu yang tepat untuk mencegah rasa sakit.

 

2. Bantalan kaki (sisipan gel)

Ini pada dasarnya adalah sol sepatu yang lembut, atau bahkan seperti gel yang dapat kamu masukkan ke dalam tumit sebelum memakainya. Mereka akan memberi kakimu permukaan yang empuk untuk mencegah rasa sakit saat mengenakan sepatu hak.

 

3. Gunakan pembalut

Bila kamu tidak dapat menemukan sisipan gel, kamu bisa menggunakan pembalut. Caranya, potong pembalut sesuai dengan ukuran dan bentuk yang pas dengan tumit. Kemudian, letakkan di sepatu untuk memberikan permukaan yang empuk. 

 

4. Rekatkan jari-jari kaki 

Ini adalah trik keren lain yang dikutip dari laman Fustany. Tampaknya merekatkan jari ke-3 dan ke-4 bersama-sama sebenarnya dapat membantu meredakan nyeri! 





(Sepatu dengan tumit tebal sebenarnya tidak terlalu sakit dibandingkan dengan sepatu hak tipis. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

5. Sepatu hak tebal


Percaya atau tidak, sepatu dengan tumit tebal sebenarnya tidak terlalu sakit dibandingkan dengan sepatu hak tipis. Jadi cobalah menggunakan sepatu dengan hak yang lebih tebal, agar kamu lebih nyaman saat menggunakan sepatu berhak. 

 

6. Panjang tumit 

Semakin tinggi tumit sepatu, tentu akan semakin menyakitkan. Jadi cobalah untuk memilih sepatu hak sedang, atau jika kamu perlu memakai sepatu hak super tinggi, pastikan kamu memakainya untuk waktu yang singkat.

 

7. Cobalah untuk istirahat 

Pastikan untuk beristirahat sebelum kakimu kesakitan. Karena jika sudah sakit maka jauh lebih sulit untuk pulih. Kamu juga dapat melepasnya saat di dalam mobil, di bawah meja, dan sebagainya.  


(Pastikan untuk beristirahat sebelum kakimu kesakitan. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

8. Hindari lecet dengan plester 

Selalu simpan pelester di tas tanganmu saat mengenakan sepatu hak.

 

9. Pijat dan peregangan 

Tip ini sangat penting, terutama bagi wanita yang memakai sepatu hak setiap hari. Kamu harus memijat dan meregangkan kaki serta jari kaki setelah malam yang panjang mengenakan sepatu hak, agar kakimu dapat rileks.  

 

10. Pilih sepatu hak yang tidak terlalu curam 

Semakin curam sepatu kamu maka semakin sakit. Jika kamu masih menginginkan tinggi, tetapi dengan kecuraman yang lebih rendah, pilih heels seperti di bawah ini, yang bagian depannya juga tinggi, seperti platform misalnya. 
(yyy)