YOUR FASHION

Bikin Heboh Klaim Wayang Kulit dari Malaysia, Adidas Singapura Bilang Begini

Rendy Renuki H
Selasa 16 November 2021 / 12:00
Jakarta: Akun Instagram Adidas Singapura mendadak bikin heboh usai mengklaim wayang kulit adalah warisan budaya dari Malaysia. Akun itu pun meminta maaf lewat ungahan Instastory usai diserbu netizen Indonesia.

Dalam permohonan maaf tersebut, Adidas Singapura mengakui kesalahannya. Mereka beralasan tak bermaksud mengklaim wayang kulit sebagai warisan budaya Malaysia.

"Saat Wayang Kulit adalah bagian signifikan dalam warisan budaya Malaysia, kami seharusnya menekankan asalnya dari Indonesia di unggahan kami," tulis akun @adidassg, dikutip Selasa 16 November 2021.





"Kami sungguh-sungguh meminta maaf atas ketidaksengajaan yang mungkin telah membuat tersinggung, dan sekarang kami telah mengubah unggahannya," lanjur permintaan maaf tersebut.

Sebelumnya, akun Adidas Singapura secara ceroboh mengunggah peluncuran sepatu kolaborasi dengan sejumlah seniman di ASEAN. Namun, salah satu yang mencuri perhatian adalah peluncuran sepatu mereka yang berkolaborasi dengan seniman Malaysia Jaemy Choong.

Sepatu itu dirilis Adidas Singapura dengan elemen wayang kulit pada desainnya. Perilisan itu sontak langsung heboh setelah narasi yang menyatakan Wayang Kulit berasal dari Malaysia.

"Merayakan warisan budaya Malaysia lewat sentuhan @JAEMYC di sepatu baru kami #UltraBOOST DNA City Pack!," tulis komentar @adidassg, Senin 15 November 2021.

"Desain ini untuk menghormati daerah asal Wayang Kulit, bagian signifikan dari identitas dan warisan budaya Malaysia, memadukan elemen Wayang Kulit dengan warna modern," lanjut komentar akun tersebut.

Narasi itu pun telah direvisi Adidas Singapura setelah mendapatkan banyak sorotan netizen Indonesia. Mereka menuliskan ulang jika wayang kulit merupakan warisan budaya Indonesia.

"Berasal dari Indonesia, Wayang Kulit telah menginspirasi bagian lain dari Asia Tenggara. #UltraBOOST DNA City Pack didesain untuk menghormati daerah asal dengan memadukan elemen Wayang Kulit dan warna modern," tulis komentar Adidas Singapura yang telah diubah.
(REN)