WISATA

10 Kota Paling Sehat di Dunia Tahun Ini

Kumara Anggita
Selasa 23 Februari 2021 / 19:58
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat kita jadi lebih peduli terhadap kesehatan dibandingkan sebelumnya. Dan mungkin, hal ini mendorong kamu ingin tahu kota mana saja kira-kira yang dianggap sebagai kota paling sehat di dunia.

Dikutip dari The CEO Magazine, sebuah studi baru oleh money.co.uk mengungkapkan tempat-tempat paling sehat di dunia untuk ditinggali pada 2021.

Para ahli memberi peringkat pada setiap kota berdasarkan harapan hidup, kerugian finansial karena kesehatan, polusi udara, tingkat obesitas, jam keselamatan, dan sinar matahari untuk menentukan tujuan mana yang memiliki gaya hidup terbaik. Namun, penelitian tersebut tidak memperhitungkan kasus covid-19.

Spanyol dinobatkan sebagai negara tersehat di dunia. Salah satu faktor penyebabnya adalah pola makan Mediterania, yang tinggi omega-3, lemak dan protein, serta waktu makan sosial dan berjalan kaki sebagai moda transportasi yang populer.

“Perbedaan paling umum antara negara-negara seperti Spanyol dan Jepang dengan AS adalah hubungan terhadap makanan,” kata studi tersebut.

“Banyak negara paling sehat dalam indeks kami memiliki rasa hormat yang lebih besar terhadap makanan, dan memperlakukan waktu makan sebagai kesempatan untuk menciptakan lingkungan sosial dan penuh kasih. Perbedaan budaya inilah yang sangat menentukan apakah suatu negara menjalani gaya hidup sehat atau tidak sehat,” lanjutnya.


Berikut 10 kota tersehat di dunia:
 

1. Valencia


Dikenal sebagai kota seni dan sains, Valencia adalah kota tersehat di bumi, menurut studi baru. Kota di Spanyol memiliki iklim yang indah dan gaya hidup yang santai, tetapi hidangan paella ikonik negara itu yang benar-benar bersinar sebagai salah satu rahasia kesehatan yang baik. Warga di sana banyak mengonsumsi nutrisi dari produk segar yang rendah lemak dan tinggi omega-3 dan protein ikan.
 

2. Madrid


Kota kedua dalam daftar adalah ibu kota Spanyol. Rumah bagi dua klub sepak bola terkenal di dunia Real Madrid dan Atletico Madrid ini memiliki standar hidup yang tinggi, dan dianggap sebagai pusat keuangan utama bagi negaranya.
 

3. Lisbon


Ibu kota Portugal ini adalah kota tersehat ketiga di dunia pada 2021. Terkenal karena bangunan kota tua berwarna pastel dan perbukitan, pemandangan pantai, Lisbon juga menjadi kota yang dinobatkan sebagai kota sehat.
 

4. Wina


Populer karena Mozart dan Beethoven, ibu kota Austria tidak hanya indah tetapi juga salah satu kota paling sehat untuk dijadikan rumah.
 

5. Canberra


Dijuluki sebagai kota terbaik ketiga Lonely Planet di dunia pada 2018, ibu kota Australia ini sekali lagi menempati posisi teratas. Kali ini sebagai kota tersehat kelima.
 

6. Tel Aviv-Yafo


Di posisi keenam, pusat budaya Israel juga salah satu yang terbaik untuk kesehatan dan kesejahteraan.
 

7. Tokyo


Dengan tingkat obesitas terendah di dunia dan angka harapan hidup tertinggi, tidak mengherankan jika ibu kota Jepang ini berhasil masuk dalam 10 besar.
 

8. Den Haag


Terselip di pantai Laut Utara, kota bergaya gotik di Belanda ini menempati peringkat kedelapan tempat tersehat di Bumi.
 

9. Ljubljana


Ini adalah ibu kota Slovenia dan juga kota terbesarnya. Ljubljana menempati peringkat sebagai tempat termurah untuk membeli satu kilogram apel.
 

10. Zurich


Satu-satunya kota di Swiss yang masuk 10 besar. Zurich adalah salah satu tempat teraman di dunia. Faktanya, ia menempati peringkat lima kota teratas dengan tingkat kejahatan rendah secara global.
(FIR)