WISATA

Semakin Diminati, Ini 5 Langkah sebelum Liburan Naik Bus

A. Firdaus
Jumat 24 Desember 2021 / 12:05
Jakarta: Menggunakan transportasi bus saat liburan sudah menjadi pilihan alternatif yang menyenangkan. Selain harga yang relatif murah, naik bus juga lebih seru, karena pelancong dapat menikmati pemandangan dengan suasana yang berbeda.

Tak jarang, bus juga melewati rute yang belum pernah kita datangi sebelumnya, seperti tempat wisata yang jarang diketahui atau malah menjumpai kuliner yang memanjakan lidah di tempat istirahat. Namun, di tengah pandemi ini, kamu harus melakukan persiapan ekstra sebelum bepergian jarak jauh menggunakan bus agar tetap sehat dan selamat sampai tujuan.

“Kami memahami bahwa di tengah situasi pandemi saat ini masyarakat masih membutuhkan moda transpotasi bus untuk bepergian jarak jauh," kata Direktur Sumber Alam Anthony Steven Hambali.

"Untuk itu, sebagai salah satu agen online tiket bus AKAP (Antar Kota Antar Provinsi), Sumber Alam berupaya mengakomodasi kebutuhan masyarakat di tengah pandemi, seperti fasilitas penyaring udara di dalam armada bus, menerapkan protokol kesehatan, serta kemudahan pembelian tiket secara online," sambungnya.

Jika kamu memiliki rencana untuk jalan-jalan naik bus, berikut adalah lima hal esensial yang perlu diperhatikan agar kamu tidak perlu khawatir dan semakin menikmati perjalanan.
 

1. Cek dulu syarat dan lokasi tujuan


Di tengah situasi yang tak menentu ini, langkah pertama yang perlu dilakukan sebelum bepergian naik bus saat pandemi adalah mencari tahu syarat apa saja yang harus dipenuhi sebelum berangkat. Misalnya harus menyertakan hasil antigen terbaru atau mengisi formulir daring.

Kamu juga harus memeriksa situasi pandemi di daerah tujuan agar tetap terjaga dari virus Covid-19.
 

2. Pastikan kondisi tubuh fit


Kalau kondisi daerah tujuan kamu sudah aman, sekarang kamu perlu memastikan bahwa kondisi tubuhmu fit untuk bepergian. Jangan memaksakan pergi bila sedang sakit karena imunmu sedang rentan terserang penyakit.

Jika sudah fit, siapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk proteksi yang lebih maksimal, seperti hand sanitizer, masker cadangan, dan semprotan disinfektan. Dengan begitu, kamu akan tetap aman dan merasa nyaman sepanjang perjalanan.
 

3. Kemas barang bawaan menjadi praktis


Bus memiliki bagasi yang terbatas, sehingga kamu sebaiknya membawa barang secukupnya sesuai dengan kebutuhan di lokasi tujuan. Buatlah catatan barang-barang yang harus dibawa terlebih dahulu agar kamu bisa melihat barang mana yang penting untuk dibawa dan menekan risiko ketinggalan.

Setelahnya, kemas barang-barang bawaanmu dengan efektif agar tidak memakan banyak tempat sehingga kamu tidak kerepotan membawanya. Sebaiknya, bagi barang bawaan menjadi satu tas besar dan satu tas kecil di mana tas kecil berisi barang-barang yang dibutuhkan selama perjalanan, seperti obat-obatan, botol minum, dan dompet.

Cara ini dapat memudahkanmu menjangkau barang yang kamu butuhkan, serta ruang yang lebih lega untuk kamu duduk di bus.
 

4. Pilih bus yang sesuai dengan kebutuhan


Naik kendaraan umum saat bepergian berarti kita akan berada di suatu tempat yang cukup lama dengan orang lain. Oleh karena itu, di tengah pandemi ini disarankan agar memilih bus dengan fasilitas yang lengkap dan terjaga kebersihannya.

“Sebagai salah satu pencetus Physical Distancing Bus (PDB), kami kembali berinovasi dengan menghadirkan Bio Smart & Safe Bus yang dilengkapi dengan HEPA filter dan UV-C light," ujar Anthony.

Dengan teknologi tersebut, penumpang akan merasa lebih aman dan tidak pengap karena sirkulasi udara yang lebih lancar. Dalam bus tersebut juga terdapat sekat khusus untuk pengemudi sehingga menghindari kontak dengan penumpang.
 

5. Beli tiket bus secara daring


Untuk menghindari kontak fisik dan antrean yang panjang, kamu bisa melakukan pemesanan tiket bus secara online. Cara ini juga akan membantumu lebih pasti untuk mendapatkan tiket sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Tidak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak promo menarik ketika membeli tiket secara daring.
(FIR)