WISATA

Peraturan Berwisata bagi Anak di Bawah 12 Tahun, Bersifat Diskresi

A. Firdaus
Selasa 14 September 2021 / 14:01
Jakarta: Salah satu persyaratan untuk berekreasi, menginap di hotel, ataupun ke restoran saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), adalah menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini menjadi bukti, kalau kita sudah divaksin.

Lalu, bagaiamana jika ada pengunjung yang membawa anak di bawah 12 tahun, yang ingin berwisata atau ke tempat dengan akses aplikasi PeduliLindungi?

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menjelaskan, bagi orang tua yang ingin membawa anak berusia 12 tahun untuk rekreasi dan sebagainya, akan diberikan diskresi masing-masing ke keluarga. Dalam artian, keluarga bisa mengambil keputusan atau kebijakan mereka dengan pihak Satgas Covid-19 tempat wisata, hotel, dan restoran.

"Inilah bentuk fleksibilitas yang ingin kami sampaikan dengan konsep 'gas rem gas rem' dan sandbox yang terpenting adalah PeduliLindungi adalah bagian dari keseharian itu," ujar Menparekraf Sandiaga.

Lebih lanjut, Sandiaga memaparkan bahwa keluarga tersebut juga telah divaksinasi dan kemudian keputusan dapat diambil berdasarkan koordinasi dengan Satgas Covid-19 setempat.

Seperti diketahui, syarat utama perjalanan wisata dan sejenisnya harus memiliki sertifikat vaksin yang ada di aplikasi PeduliLindungi. Namun di Indonesia, vaksinasi covid-19 baru menyasar ke minimal usia di atas 12 tahun.
(FIR)