WISATA

Mengenang Nunuk Nuraini, Begini Indomie di Mata Dunia

Kumara Anggita
Kamis 28 Januari 2021 / 15:56
Jakarta: Para pencinta Indomie sedang berduka hari ini. Pencipta bumbu mi instan Indomie, Nunuk Nuraini telah meninggal dunia.

Kabar ini pertama kali dituliskan oleh salah satu netizen bernama Laila Dimyati melaui akunnya @lailadimyati. Pihak Indofood pun telah mengonfirmasi kabar ini.

“Kabar lelayu. Telah berpulang ke Rahmatullah, Ibu Nunuk Nuraini, pencinta rasa Indomie yang kita kenal. Beliau meninggal tadi pagi, Rabu 27 Januari 2021 pukul 2.55 WIB. Semoga Almarhumah khusnul khotimah. Aamiin,”  demikian tulis @lailadimyati.

Untuk mengenang kembali ibu Nunuk, berikut beberapa fakta terkait karya beliau yang bernama Indomie:
 

- Indomie beredar di 80 negara


Indomie  yang memiliki berbagai rasa mulai dari rasa ayam sampai mi goreng tidak hanya bisa dinikmati di Indonesia. Mi instan ini juga bisa dinikmati dari berbagai negara.

Dikutip dari Indomie, mi ini tersedia di lebih dari 80 negara di seluruh dunia seperti Australia, Selandia Baru, AS, Kanada, di seluruh Asia, Afrika, Eropa, dan negara-negara Timur Tengah. Dengan kapasitas produksi 19 miliar bungkus per tahun.
 

- Rasa indomie yang pertama adalah rasa ayam


Mi instan merek Indomie pertama kali diluncurkan pada 1971 dengan rasa Indomie Chicken. Pada 1982, mulai berkembang dengan peluncuran rasa Mi Goreng, varian mie kering pertama (dikonsumsi tanpa kuah), terinspirasi dari sajian mie goreng tradisional Indonesia. Setelah ini, Indomie Mi Goreng dengan cepat menjadi sangat populer dan menembus pasar mie instan.
 

- Indomie jadi dambaan warga Fiji


Mengutip dari Medcom.id, Menteri Luar Negeri Fiji Inia Seruiratu sempat memuji kelezatan produk mie instan asal Indonesia, Indomie. Kepada Menlu Retno Marsudi, Seruiratu mengatakan produk mie instan itu dambaan baru bagi warga di sana.

"Sebenarnya kecil tapi menunjukkan hubungan yang baik di bidang ekonomi. Misalnya, beliau menyebutkan produk mie instant Indonesia sudah sangat populer di Fiji bahkan untuk orang-orang Fiji yang hidup di dataran tinggi itu produk mie menjadi sangat tenar,” kata Retno usai pertemuan bilateral dengan Menlu Fiji di Nusa Dua, Bali, Kamis 5 Desember 2019.
 

- Mi Instan terbaik di dunia oleh media asing


Pada 2019, produk dengan brand Indomie dinobatkan sebagai produk mi instan terbaik versi media asing, LA Times. Rasa yang dinobatkan waktu itu adalah rasa Barbeque Chicken yang juga merupakan rasa yang diciptakan oleh Nunuk. Tak hanya itu, indomie goreng juga tetap masuk dalam daftar tersebut, Indomie goreng masuk di urutan 10.
 

- Indomie begitu populer di Nigeria sampai ada pabriknya


Food Columnist, LA Times, Lucas Kwan Peterson yang menuliskan indomie sebagai makanan terbaik di dunia sempat mengangkat kisah bagaimana Indomie menjadi populer di Nigeria. Rasa ini diperkenalkan ke negara Afrika Barat sekitar tahun 80-an. Saking populernya, sampai-sampai Indofood membuka pabrik di sana pada 1995.
(FIR)