WISATA

Menparekraf dan Menhub Berkoordinasi Bahas Pengembangan Konektivitas di 5 DSP

Yatin Suleha
Selasa 05 Januari 2021 / 09:00
Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Gedung Karsa Kementerian Perhubungan, Jl Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat, Senin, 4 Januari 2021. 

Hal dilakukan untuk berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas dukungan pengembangan konektivitas di Tanah Air khususnya di 5 destinasi super prioritas (DSP).

Menparekraf Sandiaga Uno menjelaskan pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif membutuhkan dukungan sektor lain termasuk dari sisi transportasi atau konektivitas.

"Kita membicarakan arahan Presiden Jokowi terkait pengembangan di 5 DSP. Karena sektor parekraf dan perhubungan ini memiliki hubungan timbal balik. Tadi kita bicara secara jelas terkait Danau Toba, Borobudur, dan destinasi lainnya yang lebih luas lagi," ujarnya.

Menparekraf juga menjelaskan saat ia meninjau langsung salah satu prasarana transportasi pelabuhan di Danau Toba yaitu Pelabuhan Ajibata yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan wisatawan yang ingin ke Pulau Samosir dari Kabupaten Toba Samosir.

"Saya juga sudah melihat salah satu pelabuhan di Danau Toba yaitu Ajibata. Dengan terbangunnya infrastruktur tersebut dapat memberikan pelayanan yang lebih optimal kepada masyarakat. Yang paling penting adalah bagaimana pengelolaan ke depannya berdampak kepada masyarakat dan ini yang terus kita koordinasikan," ujarnya.


parekraf
(Koordinasi Menparekraf Sandiaga Uno dengan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi membahas dukungan pengembangan konektivitas di lima destinasi super prioritas (DSP). Foto: Dok. Biro Komunikasi Publik Kemenparekraf)
 

Infrastruktur untuk sektor parekraf


Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya telah membangung 13 pelabuhan di Danau Toba. Sehingga dengan terbangunnya infrastruktur pelabuhan tersebut dapat bermanfaat untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Apa yang kita bangun sesuai dengan pemanfaatannya dan jelas peruntukannya. Saya yakin kita bisa kolaborasikan antara apa yang kita bangun dan operasikan dapat dimanfaatkan untuk pariwisata," ujarnya.

Sebagai regulator di bidang transportasi, Kemenhub bertugas menyiapkan prasarana dan sarana yang memadai agar mendukung mobilitas manusia, kelancaran arus barang, dan mewujudkan sistem transportasi yang efisien juga efektif.

"Kedatangan Menparekraf Sandiaga ini sangat tepat karena memiliki link yang kuat. Demi mewujudkan konektivitas bagi wisatawan yang aman dan nyaman," pungkas Budi Karya Sumadi.
(TIN)