WISATA

Syarat Terbaru Naik Kereta Api Saat PPKM, Simak di Sini!

Gervin Nathaniel Purba
Kamis 22 Juli 2021 / 07:00
Jakarta: Untuk menekan penularan Covid-19 di Indonesia, pemerintah telah menetapkan penguatan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa – Bali sejak 3 Juli lalu.

Aturan tersebut mengatur banyak hal, termasuk soal transportasi umum, termasuk kereta api jarak jauh. Bagi Anda yang akan melakukan perjalanan ke luar kota dengan naik kereta api, ada baiknya mengetahui tentang syarat naik KAI terbaru 2021 di masa PPKM. 

Hal itu sesuai dengan SE Satgas Covid-19 Nomor 15 Tahun 2021 tentang perjalanan orang dalam negeri dalam masa pandemi Covid-19. Nah, agar Anda tidak batal berangkat, berikut syarat terbaru naik kereta api yang perlu Anda ketahui!

1. Penuhi Kriteria Perjalanan

Selama masa penguatan PPKM, perjalanan kereta api dikhususkan bagi:

a. Pelaku perjalanan dengan keperluan aktivitas bekerja di sektor esensial dan sektor kritikal, wajib menunjukkan surat tanda registrasi pekerja (STRP) atau surat keterangan lainnya yang dikeluarkan pemerintah daerah setempat atau surat tugas yang ditandatangani pihak pimpinan terkait.

b. Pelaku perjalanan dengan keperluan mendesak (seperti pasien sakit keras, ibu hamil, kepentingan persalinan, maupun pengantar jenazah non Covid-19), wajib menunjukkan surat keterangan perjalanan antara lain surat rujukan dari rumah sakit, surat pengantar dari perangkat daerah setempat, surat keterangan kematian atau surat keterangan lainnya.

2. Menunjukkan Kartu/Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Syarat terbaru naik kereta api jarak jauh selama PPKM adalah wajib menunjukkan kartu atau sertifikat vaksinasi Covid-19, minimal dosis pertama. Sertifikat vaksin ini bisa dilihat melalui aplikasi maupun website PeduliLindungi bagi yang sudah melakukan vaksinasi.

Sertifikat ini boleh dalam bentuk digital dengan mengunduh melalui website PeduliLindungi atau membawa versi fisik sertifikat dalam bentuk yang sudah dicetak. 

Namun, ada calon penumpang dengan kondisi tertentu yang mendapat pengecualian untuk tidak menunjukkan sertifikat vaksin, yaitu penumpang di bawah 18 tahun dan penumpang yang memiliki kondisi medis tertentu yang membuatnya tidak bisa divaksin. Sebagai gantinya, orang tersebut dapat menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis yang menyatakan kondisi kesehatannya.


(Ilustrasi stasiun kereta api/Daop 8 Surabaya. Foto: Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq)

3. Membawa Surat Negatif Rapid Tes Antigen

Jika sebelumnya penumpang kereta api banyak yang memilih untuk melakukan tes GeNose jika ingin naik kereta api, namun selama penguatan PPKM, GeNose tidak berlaku. Sebagai gantinya, calon penumpang wajib menunjukkan keterangan negatif Covid-19 dengan rapid test antigen yang dilakukan maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan atau PCR maksimal 2x24 jam sebelum keberangkatan.

Untuk beberapa stasiun besar juga mengadakan rapid test antigen di stasiun. Jika Anda ingin melakukan rapid test di stasiun, datanglah lebih awal agar tidak sampai ketinggalan kereta karena menunggu antrean rapid test dan surat hasil tesnya.

Ada juga calon penumpang yang dikecualikan dari menunjukkan surat keterangan hasil rapid test antigen selama PPKM, yaitu anak-anak di bawah 5 tahun.

Selain dua syarat terbaru naik kereta api jarak jauh di atas, Anda juga tetap harus mengikuti protokol kesehatan selama di atas KA. Seperti pengecekan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius , wajib menggunakan masker medis maupun masker kain 3 lapis dengan benar menutupi bagian mulut dan hidung dengan rapat.

Penumpang juga tidak diperkenankan untuk berbicara satu maupun dua arah secara langsung maupun melalui panggilan telepon. Untuk perjalanan kurang dari 2 jam, penumpang dilarang makan dan minum, kecuali jika penumpang memiliki kondisi medis yang mengharuskan mengonsumsi obat untuk pengobatan.

Jika Anda memiliki kepentingan mendesak untuk ke luar kota dengan kereta api jarak jauh, Anda dapat beli tiketnya secara online di Traveloka untuk keamanan dan kenyamanan. 

Di sana, Anda bisa memesan tiket kereta api dengan penawaran terbaik, termasuk fasilitas tambahan TrainPlus. Melalui TrainPlus, Anda bisa mendapat diskon tes dan asuransi COVID-19, voucher makanan, voucher hiburan, dan lain sebagainya. Yuk, rencanakan perjalanan kereta api terbaik Anda bersama Traveloka!
(ROS)