WISATA

Terbuai Eksotisme Pantai Benan

Arthurio Oktavianus Arthadiputra
Minggu 29 November 2020 / 19:03
Benan: Indonesia terkenal sebagai negara kepualaun terbesar di dunia. Dan salah satunya adalah Kepulauan Riau yang memiliki gugusan pulau-pulau nan indah. 

Satu pulau yang saat ini menjadi pilihan destinasi para traveller adalah Pulau Benan, untuk mengeksplor eksotisme pantainya yang masih bersih dan alami.

Berada di Kecamatan Senayang, Lingga, Kepulauan Riau, Pantai Benan memiliki luas sekitar 500 meter persegi, bagian dari Pulau Benan yang berbentuk seperti busur kecil yang memanah ke arah Laut Cina Selatan dengan luas 1.906.250 meter persegi. 

Pasir putih nan halus memenuhi sepanjang garis pantainya. Jejeran pohon kelapa yang tumbuh bebas sepanjang pantai, menjadi panorama yang indah kala senja maupun saat mentari muncul malu-malu. Air pantai yang jernih menjadi pelengkap sempurna keelokan panorama pantai.


Pantai Benan
(Jejeran pohon kelapa yang tumbuh di pinggir pantai menjadi panorama eksotis yang disuguhkan Pantai Benan. Foto: Arthurio Oktavianus)?
 

Menggunakan kapal


Menuju Pantai Benan, kamu harus menggunakan kapal ferry dari Tanjung Pinang Pulau Bintan sekitar satu jam perjalanan, dari Pulau Batam sekitar dua jam, atau Kota Daik Pulau Lingga sekitar empat jam perjalanan.

Rumah penduduk berbentuk panggung di pesisir pantai, terutama di sisi barat pulau, menghadirkan wajah kehidupan penghuni pulau yang kebanyakan berprofesi sebagai nelayan. 

Mengarungi ombak menggunakan perahu dan kapal adalah nyawa mereka sehari-hari. Selain berupa ikan segar, hasil tangkapan diolah penduduk menjadi produk pangan lain. 

Ritme kehidupan yang hampir sama dengan penduduk pulau lain yang berdekatan dengan Pulau Benan. Seperti Pulau Katang, Pulau Nopong dan Pulau Merodong.


Pantai Benan 2
(Menyusuri garis pantai sambil menikmati panorama alam yang ada di Pantai Benan menjadi aktifitas seru yang bisa dilakukan pengunjung. Foto: Arthurio Oktavianus)
 

Pesona bahari


Jika hendak bermalam, kamu dapat menyewa cottage-cottage sederhana tapi nyaman di tepi Pantai Benan. Dari balkon cottage, suara debur ombak terdengar. Pantai berair biru jernih seakan mengintip dari celah-celah pohon kelapa. Sangat eksotis.

Pesona bahari yang bisa dinikmati di Pantai Benan menjadi daya tarik yang sangat sayang untuk diacuhkan. Bagi yang suka menjelajah, tersedia sepeda yang dapat disewa atau trekking menyusuri pantai.

Mengeksplorasi keindahan bawah laut juga bisa dilakukan dengan snorkeling, diving atau berkano di atas air yang jernih. Keindahan pantai dan terumbu karang membuat Pulau Benan menjadi tempat Lingga Fishing Festival (LLF) setiap tahunnya.

Dan, pesona Pulau Benan bak surga kecil di ujung Lingga, yang menanti untuk ditelusuri tiap lekuk garis pantainya. 
(TIN)