WISATA

Saat Pandemi, Ini 5 Tips Bepergian bersama Anak Menggunakan Pesawat Terbang

Raka Lestari
Senin 12 Oktober 2020 / 16:47
Jakarta: Bepergian keluar kota dan membutuhkan waktu yang cepat sampai ke tempat tujuan, pesawat terbang menjadi moda transportasi yang biasa kamu pilih. Namun pada masa pandemi covid-19, tentunya ada hal yang enggak biasa yang harus kamu lakukan. Apalagi mengajak anak.

Bepergian kemana pun termasuk menggunakan pesawat, tentu kamu akan berhadapan dengan risiko terpapar virus korona. Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika bepergian harus menggunakan pesawat terbang bersama anak pada masa pandemi, seperti dilansir Romper:

1. Masker


Masker sudah menjadi barang wajib ketika kamu bepergiaan kemana pun. Sebab menjadi kunci utama untuk mencegah terjadinya penyebaran covid-19.


Freepik

“Semua orang harus menggunakan masker yang menutupi hidung dan mulut mereka,” kata Dr Emily Sickbert-Bennett, dokter ahli penyakit menular di Amerika Serikat.

Beberapa maskapai, biasanya mengharuskan anak berusia dua tahun ke atas menggunakan masker. Baik itu ketika berada dalam kabin pesawat, ataupun saat di bandara.

2. Peduli kebersihan pribadi


“Memerhatikan kebersihan tangan harus dilakukan sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan kamar mandi, serta kapanpun setiap kali akan menyentuh hidung, mulut, atau mata,” saran Dr Sickbert-Bennett.

Dan, ketika sedang bepergian, coba kamu memberikan penjelasan kepada anak-anak bahwa mereka tidak boleh menyentuh berbagai benda sembarangan. Tapi jika sudah terlanjur memegang, cuci tanganlah atau menggunakan hand sanitizer.

3. Permukaan benda


“Penularan penyakit melalui permukaan benda mungkin merupakan cara penyebaran yang jarang terjadi,” kata Dr Sandra Kesh, seorang dokter spesialis penyakit menular di New York.


Freepik

Kendati begitu, Dr Kesh menyarankan agar orang tua selalu membersihkan permukaan benda-benda yang ada di sekitar tempat dudukmu saat berada di pesawat.

4. Makanan dan minuman


Saat ini, banyak maskapai penerbangan yang membatasi pelayanan makanan dan minuman untuk mengurangi risiko penyebaran covid-19. Sebagai gantinya, mereka akan memberikan makanan dan minuman yang sudah dikemas untuk mencegah risiko.

Jika kamu makan di area bandara, pastikan untuk mencuci tangan. Baik sebelum dan setelah makan, serta membersihkan permukaan benda di sekitar tempat makan. Dr Kesh bahkan menyarankan untuk membungkus makanan jika memungkinkan.

5. Kondisi lainnya


Kamu juga perlu mempertimbangkan penjadwalan ulang atau bahkan membatalkan penerbangan jika diperlukan. Dr Sickbert-Bennett menekankan pentingnya untuk mempertimbangkan kesehatan keluarga.

Jika memang tidak terlalu dibutuhkan, sebaiknya kamu tidak bepergian menggunakan pesawat terbang. Sebab hal tersebut bisa sangat berisiko.
(FIR)