WISATA

Cukup Beli Roti, Nikmati Kesejukan dan Keasrian Telaga Ranjeng!

MetroTV
Kamis 16 Juni 2022 / 11:28
Brebes: Cagar Alam Telaga Ranjeng yang terletak di Desa Pandansari, Kecamatan Paguyangan, Brebes, Jawa Tengah merupakan salah satu objek wisata di kaki Gunung Slamet. Cagar alam seluas 48,5 hektare ini dikelola oleh Departemen Kehutanan Direktorat Jenderal Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam Balai Konservasi Sumber Daya Alam (SDA) Jateng.

Lokasi Telaga Ranjeng ini dekat dengan Perkebunan Teh Kaligua. Kawasan telaga dikelilingi oleh pohon damar dan pohon pinus, sehingga angin yang berembus terasa sangat sejuk.

Masuk ke wisata cagar alam ini tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis. Namun, pengunjung diwajibkan membeli roti tawar seharga Rp10 ribu untuk diberikan ke ikan-ikan. 

Wakil Bupati Brebes Narjo mengimbau masyarakat menjaga kelestarian alam di Telaga Ranjeng. Agar objek wisata di sana tetap alami, asri, dan nyaman untuk dikunjungi.

"Mohon kita bareng-bareng menjaga kelestarian Telaga Ranjeng,” kata Narjo dalam tayangan Selamat Pagi Indonesia di Metro TV, Kamis, 16 Juni 2022.

Baca: Ekowisata Sungai Mudal, Taman Air Eksotis di Tanah Kulon Progo

Kepala Desa Pandansari Irwan Susanto mengatakan desanya memiliki Festival Ratiban. Festival ini bertujuan untuk melestarikan alam di sekitar Telaga Ranjeng.

“(Festival) juga agar nguri-nguri (membudidayakan) ekosistem yang ada di Telaga Ranjeng,” tutur Irwan.

Selain itu, ada beberapa mitos. Salah satunya ialah jika berani mengambil ikan di sungai, maka akan ada bencana seperti puting beliung. Telaga Ranjeng juga digunakan sebagai resapan dan penampung air hujan. (Hana Nushratu)
(UWA)