WISATA

Tips Travelling dengan Bujet Minim bagi Pemula

Rosa Anggreati
Senin 25 April 2022 / 08:06
Jakarta: Setiap orang pasti memendam keinginan untuk travelling, namun seringkali keinginan tersebut harus dipendam dalam-dalam akibat biaya transportasi yang cukup mahal. Padahal Anda bisa lho tetap bepergian tanpa rasa khawatir terhadap biaya transportasi dengan menggunakan fasilitas cicilan tiket pesawat dari Traveloka PayLater. Keuangan pun tetap aman walaupun Anda jalan-jalan.

Selain tiket pesawat yang bisa Anda bayarkan secara bertahap, apalagi sih yang harus Anda persiapkan supaya travelling berjalan dengan lancar walaupun bujet yang tersedia minim? Berikut ini adalah tips travelling dengan bujet minim yang bisa Anda praktekkan bagi pemula. Tidak susah kok, yuk simak sama-sama!
 

1. Bepergian Saat Low Season, Hindari High Season


Musim liburan atau sering juga dikenal dengan high season di dalam bisnis pariwisata, tentu mengakibatkan kepadatan di sisi akomodasi dan permintaan tiket penerbangan .Untuk Indonesia, musim liburan ini contohnya saat hari raya Idulfitri, imlek, dan tahun baru. Selain  mengakibatkan kenaikan jumlah wisatawan yang signifikan pada beberapa tempat wisata. Biasanya tingkat kenyamanan juga sedikit berkurang apabila tempat wisata terlalu dipenuhi wisatawan, Anda tidak dapat bebas bergerak.

Oleh karena itu, usahakan untuk bepergian di masa low season sebab harga akomodasi dan tiket penerbangan di masa ini jauh lebih murah daripada masa high season. Anda bahkan bisa menggunakan berbagai fasilitas promo diadakan oleh situs penyedia layanan tiket transportasi maupun akomodasi. Anda bahkan bisa mendapatkan banyak potongan harga apabila menggunakan sistem pembayaran tertentu seperti kartu kredit dan Traveloka PayLater.


2. Pergunakan Angkutan Umum saat Solo Travelling


Apabila Anda bepergian secara sendirian atau solo traveling, maka lebih baik mempergunakan angkutan umum daripada menggunakan kendaraan pribadi. Penggunaan angkutan umum dapat membuat pengeluaran Anda selama bepergian terpangkas secara signifikan. Namun, beda cerita apabila Anda bepergian dengan seluruh keluarga. Penggunaan kendaraan pribadi biasanya lebih praktis dibandingkan dengan penggunaan angkutan umum, terlebih jika Anda membawa anak-anak selama dalam perjalanan.

Namun di luar negeri, banyak wisatawan walaupun bepergian bersama keluarga lebih memilih berjalan-jalan menggunakan angkutan umum sebab biaya parkir di luar negeri cukup mahal. Terlebih sistem angkutan umum di beberapa negara seperti Singapura, Belanda, dan negara-negara Eropa sudah sangat baik dan terintegrasi antara satu dan yang lainnya.
 

3. Pesan Tiket Pesawat dan Akomodasi Jauh-Jauh Hari


Bisa dibilang dua komponen penting dan termahal dalam itinerary perjalanan wisata adalah tiket penerbangan serta biaya akomodasi. Untuk menyiasati harga yang terlalu tinggi adalah pesanlah tiket penerbangan dan akomodasi jauh-jauh hari, terutama saat ada gelaran travel fair. Untuk itu, Anda wajib rajin mengecek harga tiket pesawat serta biaya akomodasi dari waktu ke waktu.
Anda bisa memilih tiket penerbangan kelas ekonomi untuk menekan bujet traveling serta menginap di hotel backpacker atau guesthouse. Untuk melihat apakah akomodasi yang hendak Anda pesan tersebut cukup baik, Anda bisa membaca review dari pelanggan yang sudah menginap di akomodasi tersebut.
 

4. Bawalah Botol Minuman Sendiri


Mungkin tips ini terkesan terlalu sederhana, namun dengan membawa botol minuman sendiri yang bisa diisi ulang di akomodasi maupun area pusat wisatawan, Anda dapat menghemat bujet untuk makanan dan minuman. Apalagi jika Anda bepergian di luar negeri, harga minuman dan makanan lebih tinggi daripada di Indonesia. Menekan biaya konsumsi selama berwisata dapat menjadi solusi supaya kantong Anda tidak jebol.
 

5. Buatlah Perencanaan Matang Terlebih Dahulu


Traveller senior pasti sepakat bahwa perencanaan yang matang dapat membuat budget jalan-jalan Anda lebih terkontrol. Lalu, bagaimana cara membuat itinerary atau perencanaan yang matang?

Pertama-tama tentukan bujet yang Anda miliki untuk perjalanan, kemudian tuliskan daftar tempat wisata yang bisa Anda kunjungi dengan waktu yang dimiliki. Selanjutnya tentukan bujet untuk tiket pesawat serta akomodasi untuk kegiatan wisata Anda. Jangan lupa tuliskan juga data transportasi lokal selama melakukan perjalanan wisata. Anda mungkin harus menjelajah di dunia maya terlebih dahulu untuk mengetahui harga transportasi lokal di masing-masing tempat wisata.

Setelah mendapat data transportasi lokal di masing-masing tempat wisata, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengecek data makanan dan minuman di masing-masing lokasi wisata. Akan lebih baik lagi apabila Anda menghindari makan di tempat wisata, sebab harga makanan dan minuman cenderung lebih tinggi. Anda bisa mencoba makan di warung yang terletak agak jauh dari tempat wisata dan hindari makan di restoran dengan harga mahal.

Supaya lebih aman sebelum makan, Anda bisa menanyakan harga makanan di warung yang Anda kunjungi. Memenuhi ransel dengan roti dan aneka makanan siap santap juga menjadi salah satu solusi untuk mengurangi bujet makanan dan minuman yang dirasa terlalu mahal. Setelah semua data tersebut Anda miliki, maka langkah terakhir adalah memesan tiket penerbangan dan tempat akomodasi tujuan wisata Anda di Traveloka.
 
Itu dia beberapa tips wisata dengan bujet minim  yang bisa Anda terapkan saat berwisata, baik itu di dalam maupun di luar negeri. Tidak sulit bukan, hanya membutuhkan kesabaran ekstra supaya liburan yang Anda dambakan dapat terlaksana dengan lancar dengan budget seminim mungkin. Selamat mencoba dan selamat liburan!
(ROS)