WISATA

5 Langkah Aman Bepergian Menggunakan Pesawat saat Pandemi

Kumara Anggita
Selasa 17 November 2020 / 16:01
Bali: Walaupun pandemi covid-19 belum usai, kita sudah bisa bepergian jauh dengan menggunakan pesawat. Namun, kamu perlu tahu bahwa penerbangan di masa ini akan memberikan nuansa yang berbeda.

Terbang kali ini memang agak ribet namun aman. Ini bisa terlihat dari bagaimana alur penerbangan Garuda Indonesia.
 

1. Rapid test


Berdasarkan pantauan Medcom Gaya.id yang mengikuti program 'Perjalanan Pengenalan Kembali ke Bali' yang diadakan oleh Kemenparekraf bersama Garuda Indonesia, kamu perlu melakukan rapid test dengan hasil non-reaktif.

Setelah itu, kamu perlu untuk melakukan validasi dan memberikan surat keterangan tersebut kepada petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP). Surat keterangan itu akan dicap dan kamu bisa lanjut check-in.
 

2. Menunggu yang aman


Setelah itu, kamu akan diarahkan untuk ke ruang tunggu di mana ada kursi-kursi yang diatur sedemikian rupa, agar satu sama lain bisa menerapkan physical distancing. Kamu tidak perlu mengantre lagi untuk check-in, karena namamu akan dipanggil.

Petugas yang mengecek dokumen kamu di sini menggunakan protokol yang ketat. Mereka menggunakan masker dan juga face shield. Tak hanya itu, sudah ada hand sanitizer yang tersedia di meja. Sehingga kamu bisa langsung menbersihkan tanganmu setelah menyentuh apapun. Kamu pun bisa menunggu lagi.

Pesawat Garuda Indonesia juga kini sudah menggunakan HEPA filter yang berfungsi untuk menyaring partikel kecil virus dan bakteri. Bahkan yang terkecil antara 0.1 hingga 0.3 mikron dengan efisiensi hingga 99.995%. Udara di kabin selalu mengalir keluar dan ke dalam saat terbang, karena udara terus diperbaharui setiap 2 hingga 3 menit sekali.
 

3. Masuk pesawat


Untuk masuk ke pesawat kamu perlu untuk mengantre. Cabin crew akan terus mengingatkanmu untuk menjaga jarak lagi.



Cabin crew di sini tentunya memakai APD yang lengkap. Mereka memakai masker, sarung tangan dan juga apron. Masuk di pintu, kamu langsung akan diminta untuk mencuci tangan lagi dengan hand sanitizer, lalu barulah kamu bisa cari nomor kursimu.
 

4. Boarding time


Kursi pesawat diberikan jarak. Itu artinya satu di tengah akan kosong. Kamu dan orang di sampingmu tak diizinkan untuk mengubah posisi.



Semua bagian tengah kursi pesawat akan kosong. Sambil menunggu take off, crew pesawat Garuda Indonesia terus mengingatkan kita untuk menerapkan 3M yaitu mencuci tangan, menjaga jarak, dan memakai masker.
 

5. Makan


Cabin crew kemudian akan memberikanmu makanan seperti biasa. Kali ini mereka menggunakan sarung tangan berbahan plastik dan kamu pun bisa menikmati makananmu yang masih terbungkus rapi dengan aman.

Perlu diingat kembali bahwa pandemi covid-19 belum usai. Pastikan kamu bepergian untuk urusan penting saja.

Bersabarlah dan jika nanti kondisi sudah membaik, tetap jadi pahlawan bagi negeri sendiri dengan berwisata #DiIndonesiaAja.

Berbagai inspirasi wisata untuk nanti saat pandemi telah usai dapat dilihat di website indonesia.travel @personald_travel dan @indonesia.travel @garuda.indonesia

#DiIndonesiaAja #WonderfulIndonesia #TerbangAman #BecauseYouMatter
(FIR)