WISATA

5 Destinasi Kece untuk Keluarga di Kaliurang, Gunung Merapi

A. Firdaus
Jumat 16 Oktober 2020 / 08:08
Sleman: Berwisata bareng keluarga mungkin bisa jadi ide menarik buat kalian di tengah pandemi covid-19. Tapi diusahakan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan saat berekreasi bareng keluargamu ya.

Berikut ini ada 5 destinasi wisata saat kamu dan keluarga berada di sekitar Yogyakarta. Untuk itu mampir deh ke lima tempat yang berada di Kaliurang, kawasan Gunung Merapi berikut ini seperti dilansir Indonesia Travel:
 

1. Musium Mini Gunung Merapi


Sebagai salah satu gunung berapi teraktif di dunia, Gunung Merapi memegang peran sakral dalam budaya dan tradisi masyarakat Jawa. Ada musium mini yang menyajikan semua yang perlu kamu ketahui tentang Gunung Merapi. Termasuk sejarahnya, signifikansi budayanya, dan masih banyak lagi.


Sejumlah moda transportasi peninggalan warga yang tak bisa diselamatkan hingga akhirnya dihujani awan panas dari Gunung Merapi. (Foto: A. Firdaus)

Di sini juga kamu bakal melihat sisa-sisa barang rumah tangga dan benda saksi letusan terakhir yang terjadi pada 2010. Tentunya ini menjadi perpaduan wisata dan edukasi yang menarik. Sebab Musim Mini perlu menjadi agenda perjalananmu bersama keluarga saat berada di Yogyakarta.

Alamat: Jl. Kaliurang KM.22 Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, D.I Yogyakarta.
 

2. Taman Merapi -  Landmark Dunia


Tak jauh di sebelah Musium Mini Gunung Merapi, Taman Merapi menjadi taman rekreasi yang kian populer. Sebab penambahan terbarunya yang disebut 'Landmark Dunia.

Dipersembahkan untuk pencinta swafoto, dan para pelaku instagram, destinasi wisata ini menjadi tempat favorit berfoto ria. Sebab, The World Landmark memungkinkanmu 'berkeliling dunia' dan mengambil gambar.


Menjelajahi ikon dunia dalam satu tempat menjadi daya tarik wisata menarik jika kamu berada di sana. (Foto: Indonesia Travel)

The Landmark adalah taman miniatur yang dipenuhi dengan banyak mock-up landmark ikonik. Seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa Italia, kincir angin kayu Belanda, dan banyak lagi. Kamu bisa berfoto di ikon dunia ini dengan Gunung Merapi berdiri megah di latar belakangnya.

Alamat: Jalan Kaliurang KM25, Harbinangun, Pakem, Kab. Sleman, D.I Yogyakarta
 

3. The Lost World Castle


Kastil megah di atas bukit hijau subur yang menghadap ke cakrawala Gunung Merapi megah ini, menjadi spot instagramable yang sempurna. Di dalam kastil, kamu juga akan menemukan sejumlah tempat khusut untuk berfoto.

Sebut saja Gerbang Surga dengan tangga yang mengarah ke langit dan sayap malaikat raksasa tempatmu dapat berpose seolah-olah kamu seperti bidadari yang terbang di antara awan. Di sini juga ada lukisan tiga dimensi yang unik.


The Lost World Castle berfungsi sebagai pengingat tentang apa yang terjadi di daerah tersebut saat letusan pada 2006. (Foto: Indonesia Travel)

Tempat ini dulunya menjadi bagian dari Desa Kepuharjo yang luas.N, letusan dahsyat menghancurkan seluruh wilayah dan menyapu bersih. Menariknya, bentengnya dibangun dengan menggunakan bebatuan dan batuan vulkanik hasil letusan.

Alamat: Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, D.I Yogyakarta
 

4. Bukit Klangon


Bayangkan jika kamu berada di lingkungan hijau subur, kabut tebal bergulir menuruni bukit, dan gunung merapi yang megah menjulang sebagai latar belakang. Suasana ini menantimu di Bukit Klangong, Kaliurang.

Titik pandang di Bukit Klangon ini akan memberikanmu pemandangan Merapi dan sekitarnya terasa indah. Angin sejuk menyegarkan saat kabut menggulung lereng juga memberimu rasa ketenangan.



Untuk melengkapinya, kamu bisa mendirikan tenda dan berkemah di area perkemahan degan menikmati keindahan alam Gunung Merapi. (Foto: Indonesia Travel)

Alamat: Glagaharjo, Cangkringan, Kab. Sleman, D.I Yogyakarta
 

5. Tlogo Putri


Jika kamu sedang mencari tempat bersama keluargamu untuk bisa bersenang-senang dalam berbagai aktivitas di lingkungan alam menyegarkan, Tlogo Putri adalah pilihannya. Tlogo yang artinya telaga, merupakan telaga buatan yang indah seperti seorang putri.


Tlogo putri cocok untuk kamu yang ingin berekreasi bareng keluarga. (Foto: Indonesia Travel)

Kamu juga bisa berlayar menyusuri danau menggunakan kano atau sepeda air. Pompa juga adrenalinmu dengan meluncur menggunakan flying fox, bermain bersama anakmu di ayunan, atau menjelajahi tanaman sambil menikmati angin sejuk menyegarkan. Benar-benar tempat semputna untuk liburan bareng keluargamu.

Alamat: Desa Hargobinangun, Pakem, Kab. Sleman, D.I Yogyakarta
(FIR)