WISATA

Anda Introvert? Pantai Hidden Gem di Gunungkidul Ini Sepertinya Cocok

MetroTV
Jumat 06 Mei 2022 / 16:05
Gunungkidul: Menjelang akhir pekan, ada satu rekomendasi wisata di Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), untuk kaum introvert atau penyendiri. Tak lain yaitu Pantai Porok. 

Jarak dari Kecamatan Wonosari ke pantai ini sekitar 25 kilometer. Butuh dua jam lamanya dari pusat kota Yogyakarta untuk sampai ke Pantai Porok.

Terdapat dua akses untuk mencapai pantai ini. Pertama, berjalan kaki melalui Pantai Kukup ketika arus ombak surut. Alternatif lainnya yang bisa dicoba, yaitu menggunakan kendaraan roda dua melalui jalur lahan pertanian warga.

Pantai ini merupakan permata tersembunyi atau hidden gem. Pengunjung tidak akan melihat jalur yang memadai menuju pantai ataupun papan petunjuk agar tidak tersesat.

Perjalanan ternyata tidak berhenti sampai di parkir sepeda motor yang terletak di lahan pertanian warga. Pengunjung masih harus berjalan kaki sekitar 150 meter untuk mencapai pantai ini. 

Pengunjung akan disambut oleh embusan angin dan perpohonan yang rindang sebagai bayaran atas perjuangan untuk perjalanan menuju Pantai Porok.

Pantai ini dapat menjadi sarana untuk healing, khususnya bagi kaum introvert. Pengunjung tidak akan melihat keramaian di pantai tersebut, bahkan di musim liburan seperti saat ini. 

Jika beruntung, pengunjung juga dapat melihat-lihat aktivitas petani darat yang mencari keong laut dan rumput laut saat ombak sedang surut.

"Selain melihat keindahan Pantai Porok, kita dapat beraktivitas di area karang di Pantai Porok ini ketika ombak sedang surut,” demikian pengalaman reporter Metro TV Erwin Hidayat dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 06 Mei 2022.

Baca: Objek Wisata Pantai di Jepara Tak Seramai Tahun Lalu

Pantai Porok memiliki pasir putih layaknya pantai-pantai di sepanjang pesisir Gunungkidul. Kawasan wisata ini juga terbilang murah bagi pengunjung. Pengunjung hanya diwajibkan merogoh kocek sebesar Rp10.000 untuk biaya retribusi di kawasan pantai ini.

Selain menawarkan pemandangan yang indah, ternyata hidden gem ini juga dijadikan Stasiun Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Laut dan Pantai oleh Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunungkidul. Sebab, keanekaragaman dan biota laut di Pantai Porok masih terjaga. (Hana Nushratu)
(UWA)