FAMILY

Cara Menghadapi Anak yang Kecanduan Gadget

Kumara Anggita
Senin 30 November 2020 / 16:00
Jakarta: Dengan berkembangnya teknologi, banyak orang jadi kecanduan gadget termasuk anak-anak. Hal ini mungkin bisa membuat orang tua pusing. Kira-kira apakah ada ya cara untuk mengatasi kecanduan tersebut?

Anissa Rizky Andriany M.Psi., Psikolog, selaku Educational Psychologist menjelaskan bahwa meningkatkanya kecanduan terhadap gadget di masa pandemi adalah hal yang sangat mungkin terjadi.

“Di satu sisi kita tak mau anak-anak kecanduan gadget, namun sekolah mengharuskan anak- anak untuk tetap menggunakannya,” jelas Annisa dalam Rompi di Aplikasi Orami Parenting.

Untuk itu, menurutnya diperlukan aturan serta konsekuensinya. Jangan lupa pula untuk memberikan alternatif kegiatan lainnya yang perlu dipersiapkan agar anak tidak hanya fokus dengan gadget mereka.
 

Bagaimana bila anak sudah terlanjur kecanduan gadget?


Annisa melanjutkan, dalam mengatasi anak-anak yang sudah terlanjur kecanduan gadget, ada dua pendekatan yang biasanya digunakan oleh para psikolog antara lain:
 

1. Pendekatan sistem

Ini artinya orang tua perlu membatasi penggunaan gadget hanya dari sistem yang terkait. Misalnya pembatasan kuota internet, mematikan wifi di rumah, menarik gadget dan masih banyak lagi.

2. Pendekatan perilaku

Pendekatan ini merujuk pada interaksi antara orang tua dengan anak setelah aturan ditetapkan.

“Apakah orang tua melarang anak-anak tetap dengan gadgetnya? Padahal orang tua tetap berfokus dengan gadgetnya plus jadi abai dengan anak-anak? atau apakah orang tua sudah menyiapkan aktivitas pengganti yang lebih seru daripada aktivitas menonton atau bermain gadget?,” ujarnya.

"Carilah mana yang paling orang tua anggap tepat. Dalam mengatasi kecanduan, diperlukan sekali ‘kehadiran’ serta keterlibatan orang tua atas setiap kegiatan yang dilakukan oleh anak-anak,” tutupnya.
(FIR)