FITNESS & HEALTH

5 Cara Mudah Memulihkan Energimu selama Pandemi

Kumara Anggita
Kamis 03 Desember 2020 / 17:27
Jakarta: Pandemi covid-19 membuat kita stres, cemas, dan banyak urusan. Hal ini bisa memakan banyak energimu. Untuk itu, dalam keadaan seperti ini, kamu perlu memberikan dirimu kenyamanan agar energi itu bisa kembali.

Dikutip dari Healthline, berikut sejumlah cara untuk memulihkan energi kamu:
 

1. Mandi air hangat


Mandi air hangat bisa membuat rileks. Coba gunakan garam epsom di bak mandimu. Garam epsom mengandung bahan kimia yang dipercaya dapat mengeluarkan racun, meningkatkan fungsi otot, dan mengurangi peradangan yang terkait dengan stres.
 

2. Ubah pola makan kamu


Tingkat energi kamu sangat dipengaruhi oleh diet. Para ahli merekomendasikan campuran karbohidrat kompleks, seperti biji-bijian dan sayuran bertepung, dengan protein tanpa lemak dan lemak sehat setiap kali makan.

Coba untuk memasak dan makan makanan bergizi. Meskipun kamu memiliki jadwal yang sibuk.
 

3. Olahraga


Saat kamu sangat lelah, kamu mungkin tergoda untuk duduk di depan TV setelah melewati hari yang melelahkan. Tapi cara itu biasanya hanya membuatmu merasa lebih lelah.

Daripada duduk untuk mengisi ulang tenaga, cobalah bangun dan bergerak. Jalan kaki atau bersepeda bahkan hanya selama 20 menit dapat membuatmu merasa berenergi selama berjam-jam.
 

4. Aromaterapi


Aroma seperti lavender dan sage dipercaya sangat menenangkan bagi mereka yang sedang stres. Beberapa minyak esensial aromaterapi dapat dicampur dengan minyak pembawa dan dipijat langsung ke tubuh, dioleskan di pergelangan tangan, atau ditaburkan ke udara.
 

5. Lebih banyak tidur


Tidur adalah pengisi ulang energi untuk tubuh yang utama. Para ahli merekomendasikan tujuh hingga sembilan jam tidur per malam untuk orang dewasa sehat berusia 26 hingga 64 tahun. Tidur kurang dari enam jam per malam merupakan faktor risiko utama kelelahan di tempat kerja.

Atur jadwal tidur yang sehat dengan tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, dan mengikuti kebiasaan tidur sehat lainnya.
(FIR)