KULINER

6 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Sandra Odilifia
Rabu 25 November 2020 / 06:05
Jakarta: Pisang merupakan buah yang hampir digemari oleh semua orang. Tak hanya manis dan lembut, pisang juga kaya akan manfaat kesehatan.

Selain kaya vitamin B6, pisang merupakan sumber vitamin C dan serat makanan yang bebas lemak dan bebas kolesterol. Melansir Health X Change, berikut manfaat pisang untuk kesehatan:
 

1. Kaya vitamin B6


Vitamin B6 dari pisang mudah diserap oleh tubuh dan pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar seperempat dari kebutuhan vitamin B6 harianmu.

Vitamin B6 membantu tubuhmu untuk memproduksi sel darah merah, memetabolisme karbohidrat dan lemak, mengubahnya menjadi energi, memetabolisme asam amino, menghilangkan bahan kimia yang tidak diinginkan dari hati dan ginjal dan menjaga kesehatan sistem saraf.

Vitamin B6 juga baik untuk ibu hamil, karena membantu memenuhi kebutuhan tumbuh kembang bayinya.
 

2. Sumber vitamin C


Kamu mungkin tidak menduga kalau pisang juga kaya akan vitamin C. Faktanya, pisang berukuran sedang dapat menyediakan sekitar 10 persen dari kebutuhan vitamin C harianmu.

Vitamin C sendiri dapat membantu melindungi tubuhmu dari kerusakan sel dan jaringan, menyerap zat besi dengan lebih baik, memproduksi kolagen dan protein yang menyatukan kulit, tulang dan tubuh, serta mendukung kesehatan otak dengan memproduksi serotonin.
 

3. Mangan dalam pisang baik untuk kulit


Satu pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 13 persen kebutuhan mangan harian kamu. Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme.

Mangan membantu tubuhmu membuat kolagen dan melindungi kulit serta sel lain dari kerusakan akibat radikal bebas.
 

4. Kesehatan jantung dan tekanan darah


Pisang berukuran sedang menyediakan sekitar 320-400 mg potasium, yang memenuhi sekitar 10 persen dari kebutuhan kalium harianmu. Kalium membantu tubuh menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah.

Selain itu, pisang juga rendah sodium. Kombinasi natrium rendah dan kalium tinggi membantu mengontrol tekanan darah tinggi.
 

5. Membantu pencernaan dan mengatasi masalah gastrointestinal


Pisang berukuran sedang akan menyediakan sekitar 10-12 persen dari kebutuhan serat harian kamu. Badan Promosi Kesehatan Singapura merekomendasikan asupan serat makanan harian 20g untuk wanita dan 26g untuk pria.

Serat larut dan tidak larut berperan penting dalam kesehatanmu. Serat larut membantu tubuhmu mengontrol kadar gula darah dan membuang zat lemak seperti kolesterol.

Sementara, serat tidak larut menambah berat dan kelembutan pada tinja. Sehingga memudahkanmu untuk buang air besar secara teratur. Ini membantu menjaga usus tetap sehat dan aman dari bakteri berbahaya.

Pisang, terutama yang baru matang, mengandung pati yang tidak dapat dicerna (pati resisten) di usus kecilmu dan mampu masuk ke usus besar. Pisang seperti itu dapat membantumu mengelola berat badan lebih baik dengan merasa kenyang lebih lama.

Konon, pisang bisa membantumu mengatasi masalah gastrointestinal seperti sembelit dan sakit maag.
 

6. Pisang memberi energi


Pisang mengandung tiga gula alami yakni sukrosa, fruktosa dan glukosa. Tentunya, itu memberi kamu sumber energi bebas lemak dan kolesterol. Karena itu, pisang sangat ideal terutama untuk anak-anak dan atlet. Pisang juga bagus untuk sarapan, sebagai camilan siang hari, atau sebelum dan sesudah olahraga.
(FIR)