FITNESS & HEALTH

5 Manfaat Kesehatan yang Kamu Dapat dari Membaca

Raka Lestari
Rabu 02 Desember 2020 / 19:06
Jakarta: Membaca buku merupakan kegiatan yang mungkin sudah banyak ditinggalkan di zaman modern ini. Saat ini, kita semua bisa membaca di mana saja dan menggunakan berbagai platform digital. Padahal ternyata membaca memiliki banyak manfaat bagi kesehatanmu.

Dilansir dari Insider, berikut ini adalah 5 manfaat memiliki kebiasaan membaca untuk kesehatan:
 

1. Memperkuat koneksi di otak


Menurut Sabrina Romanoff, PsyD, seorang psikolog klinis di New York, membaca dapat menciptakan neuron di otak, yang merupakan sebuah proses yang dikenal sebagai neurogenesis. Neuron adalah sel yang mengirim pesan dan mengirimkan informasi antara berbagai area di otak.

"Membaca materi yang membutuhkan pemikiran, pertimbangan, dan upaya untuk mencerna apa yang dijelaskan dapat menciptakan neuron baru di otak," kata Romanoff.

"Neuron-neuron ini juga meningkatkan koneksi saraf baru, baik dengan satu sama lain maupun dengan jaringan lama, yang mempercepat kecepatan pemrosesan," sambungnya.
 

2. Mencegah penyakit yang berkaitan dengan usia


Ilmuwan percaya membaca dapat mengurangi penurunan kognitif terkait usia dan melindungi fungsi kognitif. Membaca bahkan dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah. Sebuah studi pada 2018 yang sangat besar di Tiongkok, menemukan bahwa membaca dikaitkan dengan risiko demensia yang lebih rendah beberapa tahun kemudian.
 

3. Mengurangi tingkat stres


Penelitian telah menemukan bahwa membaca selama 30 menit dapat mengurangi tanda-tanda stres fisik dan emosional. Sebuah studi kecil pada 2009 terhadap mahasiswa membandingkan efek melakukan yoga, menonton video lucu, dan membaca pada tingkat stres.

Hasilnya menunjukkan bahwa siswa yang membaca artikel berita selama 30 menit mengalami penurunan penanda fisik stres. Seperti detak jantung dan tekanan darah, dibandingkan sebelum mereka memulai aktivitas.
 

4. Dapat memperpanjang usia


Membaca tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan otak, tetapi juga terkait dengan umur yang lebih panjang. Sebuah penelitian yang dilakukan selama 12 tahun dan dipublikasikan pada 2017 menemukan bahwa, membaca dapat mengurangi risiko kematian sebanyak 20 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak membaca.

Membaca mungkin tidak membuat hidup lebih lama. Tetapi mungkin dikaitkan dengan gaya hidup sehat secara keseluruhan dan risiko kematian dini yang lebih rendah.
 

5. Meningkatkan kemampuan memori dan konsentrasi


Membaca adalah proses yang menuntut secara kognitif yang dapat memperkuat daya ingat dan konsentrasi. Otak kita juga secara mental memproses kata-kata tertulis seolah-olah kita sedang menulisnya.

"Proses ini membutuhkan usaha mental dan konsentrasi. Dengan penguatan terus menerus, ada kapasitas yang lebih besar untuk fungsi memori," kata Romanoff.
(FIR)