FITNESS & HEALTH

Mengenal Infeksi Liver yang Diderita Ameer Azzikra, Ini Penyebab dan Gejalanya

Cindy
Senin 29 November 2021 / 14:59
Jakarta: Putra kedua Ustaz Arifin Ilham, Ameer Azzikra, meninggal dunia dini hari tadi.  Ameer diketahui meninggal karena menderita infeksi liver. 

"Innalillahiwainnailaihirojiun, telah wafat adik kami tersayang Muhammad Amer Azzikra @ameer_azzikra," tulis Putra pertama Arifin Ilham, Alvin Faiz, Senin, (29/11/2021).

Apa itu infeksi liver?

Infeksi liver merupakan salah satu jenis penyakit liver yang paling sering terjadi. Infeksi pada hati itu menyebabkan peradangan dan membuat liver rusak, sehingga fungsi dan kerja hati dapat terganggu. 

Baca: Ameer Azzikra Putra Ustaz Arifin Ilham Meninggal di Usia 20 Tahun

Penyebab infeksi liver

Dilansir dari halodoc, penyebab infeksi liver bisa berasal dari infeksi oleh parasit dan virus. Virus yang paling jahat adalah virus Hepatitis B dan Hepatitis C. Virus dan parasit yang menyebabkan kerusakan hati dapat menyebar ke organ tubuh lainnya melalui darah atau air mani. Kondisi ini bisa memicu komplikasi. 

Berikut penyebab infeksi liver akibat virus Hepatitis:

1. Hepatitis A

Infeksi yang biasanya berasal dari makanan atau minuman yang terkontaminasi kuman. hepatitis A tidak menunjukkan gejala apapun. Infeksi liver akibat hepatitis A dapat hilang dengan sendirinya dalam waktu 6 bulan dan tidak menimbulkan bahaya dalam jangka panjang. 

2. Hepatitis B

Infeksi hepatitis B biasanya ditularkan dari orang lain melalui hubungan seksual tanpa kondom atau menggunakan obat-obatan dengan jarum suntik yang sama. Infeksi liver akibat hepatitis B dapat berlangsung lebih dari 6 bulan.

Infeksi ini dapat membuat penderita berisiko terkena kanker hati dan penyakit lainnya. 

3. Hepatitis C

Infeksi hepatitis C juga serupa dengan tipe B, yakni infeksi yang masuk ke dalam darah. Gejala infeksi ini biasanya tidak muncul selama bertahun-tahun. 

Baca: Meninggal Dunia, Ameer Azzikra Dimakamkan di Samping Arifin Ilham

Gejala infeksi liver

Dilansir dari alodokter, gejala infeksi liver pada tiap orang bisa berbeda-beda. Namun, secara umum ada beberapa gejala yang bisa muncul akibat infeksi liver, yaitu:
  • Mual dan muntah
  • Nafsu makan menurun bahkan menghilang
  • Gairah seksual (libido) menurun
  • Rasa lelah yang berlebihan
  • Warna feses berubah menjadi pucat atau kehitaman
  • Warna urine berubah menjadi gelap
  • Kulit dan mata menjadi kuning atau penyakit kuning
  • Kulit terasa gatal dan mudah memar
  • Perut terasa nyeri dan membengkak
  • Tungkai dan kaki membengkak
Jika Anda mengalami gejala-gejala seperti diatas, segera periksakan diri ke dokter. Infeksi liver dapat diobati dengan konsumsi obat, perubahan gaya hidup, operasi, hingga transplantasi. 
(CIN)