FITNESS & HEALTH

5 Jenis Makanan untuk Menunjang Kesehatan Hati, No 4 Favorit Kebanyakan Orang

Yuni Yuli Yanti
Senin 09 Mei 2022 / 10:00
Jakarta: Diet sehat sangat penting untuk menjaga hati (liver) tetap sehat. Seperti sistem filter, hati bertugas membantu menghilangkan produk sampingan yang tidak diinginkan dan mempertahankan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. Namun, tidak semua jenis makanan memiliki nilai yang sama dalam hal meningkatkan kesehatan hati. 

Menurut Sohini Banerjee, Ahli Diet, Rumah Sakit Fortis, Anandapur, India, hati melakukan fungsi penting karena membantu membuang semua racun dalam tubuh manusia. Hal ini terutama berlaku jika seseorang menderita kondisi tertentu yang berkaitan dengan hati, seperti sirosis atau Hepatitis C. Itulah mengapa beberapa makanan khusus untuk hati harus ditambahkan ke dalam menu makanan orang dengan penyakit tersebut. 

Namun, tidak hanya mereka yang memiliki riwayat penyakit liver, untuk mereka yang sehat pun tetap membutuhkan asupan makanan yang baik untuk menunjang kesehatan hati. 

Banerjee menyebutkan lima jenis makanan yang dapat mengurangi kerusakan akibat penyakit hati yang dikutip dari HealthShots, di antaranya:
 

1. Anggur

Melansir daDengan berbagai senyawa tanaman yang bermanfaat, anggur merah dan ungu dianggap sangat baik untuk kesehatan hati. Karena mengandung resveratrol, anggur juga sempurna untuk kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan, dan berbagai penelitian telah membuktikan hal ini.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)


2. Bit

Dianggap sebagai sumber yang sangat baik dari nitrat dan antioksidan yang disebut betalains. Jus bit juga efektif dalam meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi kerusakan oksidatif dan peradangan. Ini juga mengandung antioksidan, vitamin A, vitamin B-6, dan zat besi, yang membantu melindungi hati dari peradangan dan stres oksidatif. Sementara pada saat yang sama juga dapat meningkatkan kemampuannya untuk membuang racun dari tubuh.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

3. Sayuran silangan

Sayuran seperti kubis brussel, brokoli, dan sawi dianggap sayuran silangan dan dikenal karena kandungan seratnya yang tinggi. Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa kecambah brussel dan ekstrak kecambah brokoli membantu meningkatkan kadar enzim detoksifikasi dan karenanya melindungi hati dari kerusakan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

4. Alpukat

Alpukat memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kesehatan hati. Penelitian menemukan bahwa konsumsi buah ini dalam jumlah sedang dapat menurunkan berat badan dan meningkatkan tes fungsi hati.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
 

5. Kenari

Banyak penelitian telah menemukan bahwa dibandingkan dengan kacang pohon lainnya, kenari memiliki kandungan PUFA omega-3 dan omega-6 yang jauh lebih tinggi (47 persen) dan tingkat polifenol antioksidan tertinggi, baik dikonsumsi mentah atau dipanggang. Menambahkan kenari ke dalam diet harian adalah ide yang bagus karena tidak hanya meningkatkan fungsi hati tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.


(Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)
(yyy)