FITNESS & HEALTH

Tanda Orang yang Kamu Sayangi Memiliki Depresi Tersembunyi

Kumara Anggita
Rabu 19 Mei 2021 / 09:08
Jakarta: Depresi tidak selalu terlihat jelas. Faktanya, beberapa orang berusaha keras menyembunyikan gejala depresi dari orang-orang di sekitar mereka. Kondisi ini disebut dengan depresi tersembunyi.

Seseorang dengan depresi tersembunyi mungkin tampak puas, bahagia, dan produktif. Kehidupan kerja dan hubungan mereka, dari semua penampilan luar, tampak baik-baik saja. Namun di dalam hati, gejala depresi memengaruhi pikiran, perasaan, dan kesehatan fisik mereka. Gejala tersebut tidak kunjung hilang.
 

Seperti apa depresi tersembunyi itu?


Penting untuk memperhatikan setiap perubahan perilaku. Ketika orang mengalami depresi, mereka mungkin mulai bertindak berbeda dari biasanya, meskipun mereka tidak bertingkah sedih atau lesu.

Satu atau dua perubahan dengan sendirinya tidak selalu menandakan bahwa seseorang sedang menyembunyikan depresi, tetapi beberapa perubahan yang terjadi pada waktu yang sama mungkin bisa kamu waspadai.

Ketika seseorang mengalami gejala depresi tetapi tidak membicarakannya, orang-orang yang perhatian di sekitar mereka mungkin memperhatikan jenis perubahan ini:
 

Perbedaan kepribadian


Perubahan kepribadian mungkin merupakan tanda depresi tersembunyi. Seseorang yang hidup dengan depresi tersembunyi mungkin bisa menjadi lebih pendiam jika mereka dulu supel, atau lebih pesimis ketika mereka dulu memiliki kepercayaan diri tentang masa depan.
 

Berat badan turun atau naik secara signifikan


Mereka tiba-tiba mengubah kebiasaan makan. Mereka tidak menunjukkan minat makan atau bahkan makan berlebihan sebagai respons terhadap situasi emosional.
 

Perubahan penggunaan zat


Perubahan pola minum atau penggunaan zat yang mengganggu kehidupan sehari-hari  mungkin merupakan tanda depresi tersembunyi.
 

Perubahan kebiasaan tidur


Mereka tidur lebih lama setiap hari dari biasanya, atau tetap terjaga pada jam-jam yang tidak biasa. Semuanya bisa menjadi tanda depresi.
 

Menjadi lebih serius


Jika seseorang hidup dengan depresi tersembunyi, mereka mungkin mulai memulai atau melakukan percakapan yang lebih dalam, lebih gelap, atau lebih filosofis dari biasanya.
 

Perbedaan interaksi sosial


Interaksi mereka berubah. Mereka mungkin mulai menarik diri dari aktivitas sosial. Sering memberikan alasan mengapa mereka tidak terlalu terlibat dengan teman dan keluarga juga bisa menjadi tanda-tanda depresi.
 

Perbedaan produktivitas


Mencurahkan banyak waktu ekstra untuk bekerja atau adanya penurunan kinerja  dapat mengindikasikan depresi.
 

Meninggalkan hobi atau tujuan yang dulu dianggap penting


Seseorang dengan depresi tersembunyi mungkin menyerah pada hal-hal yang dulunya sangat penting bagi mereka atau mereka mungkin mulai berpartisipasi dengan cara setengah hati.
 

Berbicara tentang diri sendiri secara negatif


Seseorang mungkin mengatakan hal-hal negatif dengan bercanda untuk mengalihkan perhatian dari rasa sakit yang mendasarinya. Mungkin ada peningkatan perilaku pengambilan risiko, terutama pada remaja. Ini mungkin upaya untuk melawan mati rasa atau melukai diri sendiri.
(YDH)