FITNESS & HEALTH

Lelah 'NgeZoom'? Kenali Gejala dan Cara Mengatasinya

Mia Vale
Minggu 10 April 2022 / 12:00
Jakarta: Selama era pandemi, semua kegiatan yang melibatkan banyak orang, dilakukan secara virtual. Menggunakan Zoom, misalnya. Tapi, pernahkah kamu benar-benar merasa lelah, setelah rapat zoom? 

Bila iya, artinya kamu sudah berurusan dengan kelelahan zoom atau kelelahan virtual. Ini mengacu pada kelelahan yang dirasakan setelah melakukan panggilan video atau konferensi apa pun. 

Meski bukan diagnosis formal, kelelahan zoom sangat nyata. Krystal Jagoo, MSW, RSW, mencatat bahwa rasanya mirip dengan apa yang cenderung kita pikirkan sebagai kelelahan atau kejenuhan. Seperti yang berhasil dinukil dari Healthline, berikut adalah bagaimana kelelahan zoom muncul dan cara mengatasinya.
 

Kenali gejala kelelahan meeting zoom


Kelelahan berbasis pekerjaan bukanlah hal baru, terutama bagi orang yang bekerja dalam karier berbasis layanan.

Selain stres terkait pekerjaan yang biasa, pandemi telah menyebabkan kesehatan mental hampir semua orang menurun. Biasanya ini juga cenderung terkait dengan penggunaan rapat virtual yang berlebihan. 



cara mengatasi kelelahan meeting zoom
(Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kelelahan meeting zoom. Misalnya saat kamu dalam waktu rehat gunakan waktu semaksimal mungkin. Dan ketuk minta izin keluar saat kamu tak konsen beberapa menit untuk kemudian masuk kembali ke meeting tersebut. Foto: Ilustrasi/Unsplash.com)


Namun, kebanyakan dari kita diharapkan untuk terus bekerja seolah-olah tidak ada yang terjadi. Pandemi telah memengaruhi banyak kehidupan.

Wajar jika interaksi kerja kita juga terpengaruh. Tanda-tanda kelelahan tradisional termasuk perasaan apatis dan umumnya kelelahan, dan penurunan kinerja. 
 

Tanda-tanda utama kelelahan zoom juga dapat mencakup: 


- Pelupa dan sulit berkonsentrasi 
- Kesulitan mempertahankan hubungan dan hadir dengan orang yang dicintai 
- Frustrasi dan lekas marah dengan rekan kerja 
- ?Gejala fisik, seperti ketegangan otot, nyeri, kelelahan, dan insomnia
 

Bagaimana menghadapi kelelahan meeting zoom? 


Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengambil kembali kendali dan tidak merasa terlalu lelah setelah rapat zoom:

- Merasa OK untuk mengetuk keluar. Saat memang harus melakukan panggilan video, disarankan untuk beristirahat saat kamu bisa
- Jika merasa mulai tidak konsentrasi, minat izin untuk mematikan video
- Jadwalkan rapat zoom untuk hal-hal yang benar-benar ingin kamu lakukan
- Melakukan hal-hal menyenangkan melalui zoom — berkumpul dengan keluarga, menonton film dengan sahabat, memelajari keterampilan baru — dapat membantu melemahkan asosiasi negatif ini di sekitar zoom
- Luangkan waktu untuk menilai apakah konferensi video diperlukan, atau bisa hanya dengan panggilan audio
 
Yang terpenting, jaga agar jalur komunikasi tetap terbuka, dan bersedialah untuk fleksibel dalam harapanmu.
(TIN)