BEAUTY

Manakah yang Lebih Baik, Perawatan Silk Peel atau Diamond Glow untuk Kulit Glowing?

Yuni Yuli Yanti
Rabu 11 Mei 2022 / 07:00
Jakarta: Perawatan kulit wajah perlu disesuaikan dengan perubahan cuaca. Karena saat ini sudah memasuki musim panas, tentu kamu membutuhkan perawatan yang dapat menghidrasi kulit dan membuatnya tetap lembap dan berkilau. 

Terdapat dua tren perawatan kulit yang tengah viral di media sosial yakni silk peel dan diamond glow. Keduanya, dianggap dapat membuat kulit lebih lembap, kenyal dan glowing. 

Mungkin banyak dari Teman Gaya yang masih belum familiar dengan perawatan silk peel atau diamond glow. Berikut penjelasan dari Dr Nivedita Dadu, dokter kulit sekaligus pendiri Dadu Medical Center yang dikutip dari HealthShots!
 

Silk Peel

Silk peel dermal infusion facial adalah perawatan pelapisan ulang kulit yang pada saat yang sama mengelupas sel-sel kulit mati, sambil menerapkan serum khusus untuk merawat kondisi kulit tertentu. Silk Peel (Kulit sutra) menggunakan vakum halus yang mengelupas lapisan luar kulit dan celah pori-pori pada waktu yang sama. Sementara, serum yang disesuaikan menembus lebih dalam ke kulit baru yang terkelupas. 

Kulit sutra adalah tren perawatan kulit terbaru yang mengekstraksi lebih dalam, mengelupas kulit mati dan memasukkan serum esensial ke dalam kulit. Perawatan ini disarankan untuk kondisi kulit seperti jerawat, kulit kering, tekstur kasar, kulit yang menua, hiperpigmentasi, dehidrasi dan kulit yang rusak akibat paparan sinar matahari.

“Kulit sutra dapat meremajakan kulit sepenuhnya dan membuatnya lebih bercahaya. Ini benar-benar non-bedah yang berarti tidak ada luka dan tidak ada rasa gatal atau panas seperti pengelupasan kimia. Pasien kulit normal, kering, atau kombinasi semuanya dapat menggunakannya tanpa efek samping atau rasa sakit," kata dr. Dadu.


(Kulit sutra adalah tren perawatan kulit terbaru yang mengelupas kulit mati dan memasukkan serum esensial ke dalam kulit. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Diamond Glow

Dalam proses perawatan diamond glow, tongkat berujung berlian mengelupas kulit sambil menyedot debu dan memasukkan serum khusus ke dalam kulit. Dr. Dadu mengungkapkan kebanyakan orang mendapatkan kilauan berlian atau kulit sutra di wajah, leher, dan dada bagian atas, punggung atau bokong mereka. 

"Perawatan ini umumnya aman dan dapat digunakan pada berbagai jenis kulit. Selain itu, juga dapat digunakan pada bagian kulit yang sensitif, seperti di sekitar mata dan di bibir," tuturnya.


(Kulit sutra memberikan hasil langsung dengan membuat kulit lebih bercahaya, segar, dan berseri-seri. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

Lantas, manakah yang lebih baik?

Menurut dr. Dadu, silk peel adalah perawatan non-invasif, tidak membutuhkan waktu lama, dan tidak ada rasa sakit. Sangat cocok untuk mereka yang menginginkan tampilan yang lebih segar dan lebih muda, tetapi tidak melalui prosedur yang lebih invasif. Biasanya setelah menerima infus dermal, kulit akan mengalami kemerahan dan pengelupasan sehingga menyebabkan kulit menjadi sensitif. Maka, sangat disarankan untuk mengikuti langkah-langkah yang tepat dan sesuai setelah perawatan. 

"Kulit sutra memberikan hasil langsung dengan membuat kulit lebih bercahaya, segar, dan berseri-seri. Perawatan infus dermal kulit sutra memfasilitasi rehidrasi kulit sambil memberikan kulit dengan vitamin C yang kuat, bahan pencerah kulit dan anti-penuaan yang memfasilitasi pengurangan tanda-tanda penuaan," tutup dr. Dadu. 
(yyy)