FITNESS & HEALTH

Beberapa Kebiasaan saat Sarapan yang Dapat Mempercepat Penuaan Kulit

Raka Lestari
Sabtu 18 Desember 2021 / 08:10
Jakarta: Seiring bertambahnya usia, kulit akan mengalami perubahan. Penuaan kulit adalah proses alami yang dialami setiap orang, seperti kita yang mengalami perubahan di seluruh tubuh seiring bertambahnya usia.

Meskipun hal ini dialami oleh semua orang, ada hal-hal tertentu yang dapat mempercepat proses penuaan kulit, salah satunya adalah pilihan diet yang buruk. Dan berikut ini adalah pilihan buruk saat saarapan yang mempercepat penuaan kulit:
 

1. Mengonsumsi terlalu banyak gula di pagi hari


Banyak orang menyukai donat, muffin, atau pancake yang enak di pagi hari, tetapi menurut Lauren Manaker, MS, RDN, gula yang berlebihan dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan kulit.

Mengonsumsi gula dalam jumlah besar dapat menyebabkan pelepasan produk akhir glikasi lanjutan (atau AGEs), yang diketahui mempercepat penuaan kulit. Jadi, meskipun makan donat sesekali boleh saja, penting untuk disadari bahwa kebiasaan itu dapat merusak kesehatan kulit.
 

2. Mengonsumsi roti tawar


Hal penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sarapan sehat adalah menghindari roti tawar. Roti tawar memiliki lebih sedikit nutrisi dan benar-benar hanyalah versi lain dari gula.

“Dan selama proses pemurnian, kandungan vitamin B yang tinggi hilang," kata Courtney D'Angelo, MS, RD.

Pilihlah roti gandum utuh. Roti gandum utuh melewati proses yang jauh lebih sedikit, sehingga masih memiliki vitamin B utuh, yang menurut D'Angelo dapat membantu mengurangi peradangan.
 

3. Menambahkan pemanis tambahan pada kopi


"Gula bersifat pro-inflamasi, mempromosikan mikrobioma yang tidak sehat, dan dapat menyebabkan lonjakan gula darah, yang semuanya merupakan karakteristik mempercepat proses penuaan," kata D'Angelo.

Ketika ingin membuat sarapan sehat yang baik untuk kulit, penting untuk membatasi gula tambahan. Sebagai gantinya, kamu bisa memasukkan bahan-bahan seperti buah-buahan dan sayuran. Dan jangan lupa, tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup sebagai cara yang utama.
(FIR)