FITNESS & HEALTH

Cut Memey Ajak Masyarakat, Terutama Perempuan Indonesia Sadar Bahaya Osteoporosis

A. Firdaus
Rabu 20 Oktober 2021 / 08:16
Jakarta: Tulang merupakan unsur penting untuk menunjang aktivitas harian tubuh, hampir semua hal bisa dilakukan ketika kita memiliki tulang dan otot yang kuat. Sayangnya, diperkirakan 2 dari 5 penduduk Indonesia berisiko terkena osteoporosis.

Osteoporosis adalah penyakit penurunan massa tulang yang bersifat tidak bergejala, sehingga masih minim kesadaran masyarakat mengenai ancaman pengeroposan tulang dalam jangka panjang.

Penyakit osteoporosis cukup menyita perhatian Cut Memey, Penyanyi sekaligus Brand Ambassador STRONG Nation™ di Indonesia. Sebab perempuan lebih rentan mengidap penyakit ini.
 
"Perempuan memiliki massa tulang yang lebih kecil bila dibandingkan dengan pria, selain itu kita juga melahirkan dan menyusui yang pastinya juga mempengaruhi kondisi tulang, kalsium dan vitamin dalam tubuh. Di hari osteoporosis sedunia ini, aku ingin mengajak seluruh masyarakat, terutama perempuan untuk lebih sadar akan bahayanya penyakit osteoporosis.” ujar Cut Memey.

Tidak hanya itu, Cut Memey menambahkan tulang kita adalah penopang seluruh tubuh kita. Sehingga, menjaga kesehatan tulang harus menjadi salah satu fokus utama kita.

"Ketika tulang kita bermasalah maka akan menghambat gerak serta rutinitas sehari-hari dan tentunya berakibat pada penurunan kualitas hidup," sambungnya.

Osteoporosis terjadi ketika kepadatan dan kualitas tulang berkurang serta perubahan mikroarsitektur tulang, sehingga menjadi lebih keropos dan rapuh. Penyakit ini terjadi secara bertahap. Biasanya setelah memasuki usia 30 tahun kepadatan tulang akan mulai menurun, sehingga dibutuhkan langkah preventif untuk mencegah tulang rapuh dan patah sejak dini.
(FIR)