INTERIOR

6 Jenis Sukulen bagi Pemula yang Disukai Para Ahli

Mia Vale
Minggu 27 Maret 2022 / 16:50
Jakarta: Sukulen merupakan tumbuhan yang mempunyai daun menyerupai kelopak dengan ketebalan berbeda dari tumbuhan kebanyakan. Kelopaknya seperti berdaging, membengkak, warnanya pun menarik. Biasanya sukulen berwarna keunguan atau biru, bergantung jenisnya. 

Tanaman ini menyimpan air dalam daun atau batangnya. Dan umumnya sukulen berasal dari daerah kering dan cerah. Sehingga mereka perlu menahan air jika terjadi kekeringan.

"Berdasarkan penelitian yang ditemukan, ada lebih dari 10.000 jenis sukulen yang kita ketahui, tetapi banyak di antaranya termasuk yang sekarang dibudidayakan dan dihibridisasi oleh manusia," papar Rachael Cohen, penulis Infinite Succulent, seperti yang dilansir Mindbodygreen. 

Bahkan banyak petani yang terus menciptakan hibrida baru dengan berbagai tekstur, tingkat kekerasan dingin, dan warna. Namun begitu penting untuk memilih agar menemukan satu yang memiliki peluang bertahan di rumah atau kebun. 

Nah, kalau ingin 'menghidupkan' hunian mungil atau menambahkan beberapa tekstur baru ke halaman belakang yang luas, sukulen yang disetujui ahli ini akan cocok untuk ditanam


Sukulen bagi Pemula
(Aloe humilis 'landak'. Foto: Dok. Mindbodygreen.com)
 

1. Aloe humilis 'landak' (Hedgehog aloe) 


Jenis sukulen yang menarik ini dapat berubah warna tergantung pada seberapa banyak sinar matahari yang mereka dapatkan. Untuk sukulen ini, James Monroe dari Unknown Succulent menyarankan untuk menanamnya di dalam ruangan dan menyukai cahaya yang terang. 

Ya, varietas funky ini akan terlihat bagus diletakkan di teras atau taman. Pun akan memberi banyak gel pendingin saat musim panas.


Sukulen bagi Pemula
(Echeveria Lola. Foto: Dok. Mindbodygreen.com)
 

2. Echeveria Lola (Lola Sukulen) 


Merupakan sukulen yang mencolok untuk dimiliki. Pola daunnya menyerupai bunga yang sedang mekar. Kebanyakan varietas ini dapat tumbuh cepat bila diberi cahaya yang cukup. dan mereka datang dalam berbagai warna gurun. 


Sukulen bagi Pemula
(Snake plant atau lidah mertua. Foto: Dok. Mindbodygreen.com)
 

3. Sansevieria (Snake plant)

 
Sansevieria yang populer dengan sebutan tanaman ular dan lidah ibu mertua, mengumpulkan air di daunnya yang panjang. Dan ini termasuk sukulen. Tanaman ini sangat mudah tumbuh di dalam ruangan dan dapat bertahan berminggu-minggu tanpa disiram. 

Sukulen ini banyak disukai karena geometrinya yang tajam, tegak, dan seperti pedang. Tanaman ini juga bisa tumbuh seukuran manusia tinggi, membuatnya cukup menarik.


Sukulen bagi Pemula
(Haworthia fasciata. Foto: Dok. Mindbodygreen.com)
 

4. Haworthia fasciata (tanaman zebra) 


Beberapa ahli menunjuk Haworthias sebagai beberapa sukulen termudah untuk dirawat di dalam ruangan, dan genus ini cenderung lebih memaafkan overwatering daripada sukulen lainnya. Tanaman zebra, harus tumbuh subur di ambang jendela mana pun yang cerah. 


Sukulen bagi Pemula
(Lithops, tanaman cantik mirip batu. Foto: Dok. Instagram Wing/@wing.29g)
 

5. Lithops (batu hidup) 


Dengan nama yang memunculkan visi Jurassic Park, Lithops adalah tanaman purba yang pertama kali ditemukan ratusan tahun lalu. Julukan mereka adalah 'batu hidup' karena mereka tumbuh dalam kelompok yang sangat dekat dengan tanah. 

Batu hidup ini memang tidak perlu sering disiram, namun hal ini justru serung menjadi kesalahan bagi pemula. Beri waktu yang cukup antara penyiraman untuk memastikan daunnya tidak terlalu penuh dan pecah. Sebaiknya, tanam lithops di tanah berpasir dan berbatu untuk membantu drainase lebih lanjut. 


Sukulen bagi Pemula
(Graptoveria. Foto: Dok. Mindbodygreen.com)
 

6. Graptoveria 'Fred Ives' 


Sukulen ini memiliki warna ungu/merah muda yang sangat cantik dan mudah berkembang biak. Kamu bisa menumbuhkan bayi baru dari stek dan daun, ditambah lagi itu akan menunda banyak bayi baru dengan sendirinya. 

Jenis ini dapat bertahan hidup di dalam ruangan. Bila tinggal di iklim yang lebih dingin, kamu harus meletakkan sukulen ini ke dalam ruangan

(TIN)