KULINER

Resep Sawut, Buat Kamu yang Lagi Kangen Jajanan Yogyakarta

Mia Vale
Minggu 24 April 2022 / 07:00
Jakarta: Apakah kamu pernah mencoba makanan tradisional bernama sawut? Dilansir dari Wikipedia, sawut atau pasrah adalah salah satu jajanan pasar yang berasal dari Yogyakarta. 

Sawut terbuat dari parutan singkong yang dicampur dengan gula jawa kemudian dikukus. Biasanya disajikan dipagi hari dengan teh hangat. Rasa makanan ini perpaduan antara manis dan gurih karena diberi parutan kelapa di atasnya. 

Arti nama sawut sendiri berasal dari bahasa Jawa yaitu semrawut yang bermakna "berantakan". Jika belum pernah memakannya, ENDEUSiast bisa mencoba membuatnya sendiri lho. Hanya dengan lima bahan saja makanan ini bisa kamu buat. 

Pas banget untuk kamu yang sedang kangen jajanan tradisional Yogyakarta nih. Buat sendiri yuk resep sawut di rumah seperti yang tertera dari Endeus TV di bawah ini.
 

Bahan sawut:


1 kg singkong, kupas kulit, cuci bersih
¾ sdt garam
½ sdt vanili bubuk
150 gr gula merah, sisir halus
Minyak goreng secukupnya
 

Taburan: 


150 gr kelapa parut setengah tua
¼ sdt garam
 

Cara membuat sawut:


1. Taburan: Kukus kelapa parut dalam dandang panas hingga matang (10 menit). Angkat. Tambahkan garam, aduk rata. Sisihkan
2. Parut kasar singkong. Tambahkan garam, vanili bubuk, dan gula merah, aduk hingga rata
3. Siapkan 12 buah cetakan tumpeng mini alumunium, olesi dengan sedikit minyak
4. Masukkan campuran singkong hingga ¾ penuh. Kukus dalam dandang panas hingga matang (20 - 25 menit). Angkat, keluarkan dari cetakkan. Sajikan segera bersama taburan kelapa parut



(TIN)